Brilio.net - Kecerdasan memang tidak bisa dilihat secara langsung. Selain itu, kecerdasan juga banyak parameternya dan jenisnya. Meskipun begitu, suara memegang peranan penting untuk menilai kecerdasan seseorang.

Dikutip oleh brilio.net dari Psychological Science, Rabu (10/6), suara merupakan faktor penting dalam menilai kecerdasan seseorang. Bahkan melebihi skil menulis. Riset ini dihasilkan dari pengamatan bagaimana para perekrut pekerjaan menilai kecerdasan pelamar.

Dalam studi tersebut, masing-masing pelamar mendapatkan tugas untuk mengumpulkan tulisan mereka dan juga suara mereka. Kemudian para perekrut menilai kecerdasan setiap kandidat dengan membandingkan apa yang dikumpulkan.

Temuan dari riset tersebut menyebutkan bahwa suara memainkan peranan penting untuk menunjukkan kecerdasan. Bahkan suara juga menentukan apakah seorang kandidat diterima untuk posisi apa yang dilamarnya.

Sang peneliti, Nicholas Epley menjelaskan bahwa kita agak susah untuk memahami seseorang hanya melalui visualnya saja. Apalagi di zaman yang serba digital. Itulah kenapa suara asli seseorang merupakan hal penting dalam menilai kecerdasan seseorang.

BACA JUGA:

Penjelasan ilmiah soal kecerdasan maksimal seseorang berdasarkan umur

Bukti kecerdasan otak, bisa bedakan mana ketawa asli apa palsu

Anak yang sering makan fast food tingkat kecerdasannya lebih rendah

Mahasiswa ini temukan tabungan sampah, cara cerdas peduli lingkungan

7 Hal menyedihkan yang hanya bisa dirasakan orang-orang cerdas

Hikmah si kakek tua buat gadis cerdas ber-IPK 3,7

Ladies, pria ingin pasangan hidup yang cerdas, bukan ukuran fisik saja

Komunitas ini rutin bagikan buku untuk cerdaskan anak pedalaman, top!

Seberapa cerdas kamu? Tak perlu tes IQ, cukup lihat bentuk tanganmu