Brilio.net - Banyak yang menyatakan bahwa usia 20 tahun adalah saat dimana seseorang akan menjadi ahli dalam berbagai bidang dan sebagian orang akan kehilangan daya intelijensinya atau kecerdasan pada usia 30-an. Hal tersebut seakan memberikan kita kesimpulan bahwa semakin tua seseorang, maka sedikit demi sedikit kemampuannya akan suatu hal akan berkurang.

Namun, penelitian terbaru seperti yang dilansir brilio.net dari sciencealert.com, Kamis (2/4), menyebutkan bahwa sebenarnya setiap orang memiliki aspek yang berbeda-beda dalam tingkatan intelijensinya. Ada orang yang memiliki kemampuan cemerlang saat memasuki usia mahasiswa, ada juga orang yang justru menjadi memiliki kecerdasan yang terus menerus meningkat meskipun berusia 40 tahun ke atas.

Seorang psikolog dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) bekerjasama dengan rumah sakit umum Massachusets mengadakan sebuah penelitian untuk mencari tahu bagaimana umur seseorang bisa mempengaruhi tingkat intelijensinya. Mereka melakukan tes terhadap 48.537 orang dengan rentang usia 10-89 tahun yang mengakses situs GamesWithWords.org dan juga TestMyBrain.org.

Di situs tersebut para peneliti mencoba membuat beberapa tes seperti tes bahasa, tes IQ, dan juga tes untuk melatih daya ingat yang dimaksudkan untuk mengukur tingkat emosi mereka, daya ingat mereka, serta kemampuan matematis dan bahasa.

Dari tes itu peneliti menemukan bahwa berdasarkan definisi dari 'kecerdasan' itu sendiri, tahapan seseorang mencapai kata 'maksimal atau klimaks' memang dapat terjadi pada waktu yang berbeda-beda dalam sepanjang hidupnya.

Loading...

Untuk mereka yang masih tergolong muda (usia 19-20 tahun) saat mengikuti tes tersebut, kebanyakan mendapat hasil yang sangat baik ketika mengerjakan tes yang berkaitan dengan angka. Daya ingatnya diperkirakan akan bekerja maksimal saat mereka memasuki usia antara 20 sampai 30 tahun, sebelum kemudian menurun.

Sedangkan untuk partisipan yang berusia 20-an, hasil tes mereka bagus saat mereka diminta mengidentifikasi emosi atau perasaan seseorang hanya dengan melihat mata seseorang pada foto. Dan kemampuan ini diperkirakan akan terus meningkat sampai usia 48 tahun sebelum kemudian akan menurun sedikit demi sedikit.

Dan untuk jumlah kosa kata, semakin bertambah usia seseorang maka semakin banyak perbendaharaan katanya dan biasanya akan mencapai maksimal saat usia 60 sampai 70 tanpa ada tanda-tanda akan mengalami penurunan.

Hasil dari penelitian yang sudah dipublikasikan dalam Psychological Science yang ditulis oleh Joshua K Hartshorne dan Laura T Germine, mengemukakan bahwa puncak kecerdasan seseorang itu tergantung dari tiap skill atau kemampuan yang dimiliki dan itu dapat terjadi pada usia yang berbeda-beda. Jadi tidak ada patokan bahwa saat usia kamu 40 tahun maka kamu kehilangan semua kemampuanmu.

"Pada usia tertentu, seseorang akan semakin baik dalam beberapa hal, dan akan mengalami penurunan pada kemampuan lainnya, serta akan memiliki kemampuan biasa saja dalam bidang tertentu," kata Hartshorne.