Brilio.net - Banyak orang suka makan cokelat. Selain rasanya yang memang enak, banyak manfaat baik yang bisa kamu dapat, seperti mengubah mood jelek menjadi baik, kaya antioksidan, menjaga berat badan ideal, mengontrol emosi karena stres dan depresi. Bahkan, memakan cokelat juga dipercaya bisa mengusir kantuk saat jam kerja.

Penelitian yang dilakukan oleh Larry Stevens, profesor psikologi dari Northern Arizona University, seperti dikutip brilio.net dari Sciencedaily, Senin (11/5), mengungkapkan fakta bahwa cokelat memberikan efek stimulan yang tinggi yang dapat membentuk karakteristik atensional seseorang. Penelitian yang melibatkan 122 responden dengan rentang usia 18-25 tahun ini mengamati rekaman electroencephalography (EEG) dan tekanan darah pada orang yang mengonsumsi cokelat.

Hasilnya, orang yang mengonsumsi cokelat mengalami peningkatan kewaspadaan dan atensional yang tinggi pada otaknya. Tekanan darah pun akan mengalami peningkatan yang cukup tinggi hanya dalam waktu yang relatif singkat. Penelitian ini juga merupakan penelitian pertama yang menggunakan teknologi EEG untuk menggambarkan aktivitas otak.

Tapi juga jangan asal sembarang makan cokelat ya? Cokelat yang mengandung susu dan gula ternyata tidak semanjur dark chocolate. Makanya, pastikan ada dark chocolate di tas kamu sebelum berangkat kerja ya.