Brilio.net - Penampilan mempunyai andil dalam membentuk image seseorang di mata anak-anak. Bahkan kacamata saja bisa mempengaruhi anak-anak dalam menilai kepintaran seseorang. Ini bukanlah sebuah anggapan semata. Sebuah penelitian telah mengungkap bahwa orang yang memakai kacamata terlihat lebih pintar, seperti dikutip brilio.net dari sciencedaily.com, Jumat (1/5).

Bagaimana riset ini dilakukan? Peneliti asal Ohio State University bernama Jeffrey Walline melibatkan 80 orang anak yang berusia antara 6-10 tahun. Dari jumlah tersebut, 38% anak menggunakan kacamata sedangkan sisanya tidak.

Dalam percobaannya, semua anak diberikan sebuah dokumen yang berisi dua foto anak dari jender yang berbeda dan etnik yang berbeda pula (salah satu foto tersebut menggunakan kacamata). Setelah melihat kedua foto tersebut, peserta disuruh mengisi enam pertanyaan seperti siapa yang lebih terlihat pintar, menarik, dan jujur.

Temuan riset tersebut menyebutkan bahwa dua per tiga peserta menganggap bahwa anak yang menggunakan kacamata lebih pintar. Selain itu, sebanyak 57 anak dengan penampilan tersebut dianggap lebih jujur. Terkait dengan hasil tersebut, Jeffrey menjelaskan bahwa anak-anak cenderung menganggap orang memakai kacamata lebih pintar karena stereotip yang mereka terima dari media.