Brilio.net - Jejaring sosial Facebook diciptakan untuk mempertemukan teman-teman kamu di dunia maya. Selain itu, kamu juga bisa mengekspresikan perasaan kamu melalui status. Bahkan, kamu juga bisa mengunggah foto, video, atau lagu dalam akunmu. Ratusan atau ribuan teman bisa kamu miliki dalam Facebook, tapi ternyata bisa membuat kamu kesepian lho!

Sebuah riset mengenai Facebook dan rasa kesepian dilakukan oleh seorang asisten profesor bernama Hayeon Song dikutip oleh brilio.net dari Jurnal Computers in Human Behavior, Sabtu (23/5). Dia menganalisis beberapa data yang terkait dengan Facebook melalui elektronik database. Selain itu, dia dan timnya juga mengamati bagaimana hubungan antara Facebook dan rasa kesepian seseorang.

Hayeon mengonfirmasi bahwa Facebook mampu menyebabkan rasa kesepian. Penyebabnya adalah mereka mengakses Facebook karena rasa kesepian. Anehnya adalah meskipun terhubung dengan banyak teman online, hal ini tidak bisa mengusir rasa kesepian mereka.

Hasil riset juga menyebutkan bahwa semakin merasa kesepian, maka mereka juga mengakses Facebook lebih lama. Dengan kata lain, Facebook tidak bisa menghilangkan rasa kesepian seseorang.

Hal yang paling mengejutkan dalam riset tersebut adalah orang yang pemalu menggunakan Facebook untuk bersosialisasi. Jadi, wajar jika rasa kesepian semakin meningkat karena hanya mengakses Facebook.

Temuan dari riset ini juga mendukung temuan lama tentang persoaalan internet. Study dengan nama Internet Paradox menyebutkan bahwa internet mampu memicu kelainan psikologi, seperti kesepian misalnya.

Jadi, biar tidak merasa kesepian, imbangilah dengan berkomunikasi secara face to face dengan orang-orang yang kamu sayangi. Oke?