Brilio.net - Sosok Mbok Yem sudah tidak asing lagi para pendaki Gunung Lawu. Mbok Yem merupakan pemilik warung di puncak Lawu 'Argo Dalem'. Baru-baru ini, kisahnya menjadi pusat perhatian.

Mbok Yem sudah berjualan selama 35 tahun di puncak Gunung Lawu. Setiap setahun sekali saat Hari Raya Idul Fitri, dia akan turun gunung untuk merayakan lebaran bersama keluarga di Magetan. Lebaran kali ini, Mbok Yem mudik dengan ditandu oleh sejumlah warga.

Momen Mbok Yem turun gunung tersebut lantas menjadi viral. "mbok yem sang srikandi gunung lawu turun gunung untuk berlebaran di rumah," tulis akun TikTok Arjun Alwi.

Mbok Yem pemilik warung Gunung Lawu © berbagai sumber foto: TikTok/@jun_alwii

Dalam video tersebut, Mbok Yem memakai gamis hitam dengan jilbab merah tengah duduk di tandu. Tandu yang terbuat dari bambu tersebut terlihat sederhana. Ada kurang lebih sekitar empat sampai lima orang yang membantunya turun. Mereka pun terlihat hati-hati saat melewati jalanan terjal.

Dalam video lainnya, diperlihatkan kondisi Gunung Lawu yang longsor. "Jadi sekitar bawah pos 4 jalur cemoro sewu terjadi longsor, membuat kita dan tim susah untuk turun dan harus ekstra hati-hati," tulis Arjun Alwi di videonya.

Mbok Yem pemilik warung Gunung Lawu © berbagai sumber foto: TikTok/@jun_alwii

Kondisi tersebut tentu menghambat Mbok Yem dan tim untuk turun gunung. Mereka pun berusaha membersihkan ranting dan membuat jalur yang aman. Dalam video tersebut, untuk sementara Mbok Yen dituntun berjalan.