Brilio.net - Tak terasa, lebaran akan segera tiba. Biasanya banyak orang yang memanfaatkan momen ini untuk mudik ke kampung halaman agar bisa berkumpul dengan keluarga besar.
 
Memang kebiasaan ini sempat berubah saat adanya pandemi Covid-19 yang sudah hampir berjalan selama 2 tahun ke belakang. Kecanggihan teknologi juga membuat masyarakat bisa lebih mudah bersilaturahmi dengan keluarga via virtual.

Namun baru-baru ini, beredar video yang memperlihatkan suasana mudik pada 1999 yang viral di media sosial.

"Mudik tahun 1999 bisa ketemu dengan tatap muka langsung, nggak ada ketemu online," tulis pemilik akun TikTok @doakanygbaikbaiksaja, dikutip brilio.net pada Sabtu (23/4).

Dalam video berdurasi 2 menit 25 detik itu, terlihat masyarakat Indonesia berdesakan naik kendaraan umum. Ada ratusan bahkan ribuan orang yang memenuhi terminal serta stasiun kereta api.

Tepat 23 tahun lalu, terlihat kereta api belum sebagus saat ini. Para pemudik tidak hanya menunggu di peron, tapi langsung di samping rel kereta. Bahkan demi bisa cepat-cepat turun maupun naik kereta, alih-alih melewati pintu, ada penumpang yang memilih menerobos lewat jendela.

Terlihat loket di stasiun pun begitu padat. Tidak seperti sekarang yang sistemnya bisa diakses secara online.