Brilio.net - Hunian yang nyaman menjadi impian banyak orang. Untuk mewujudkannya, para pemilik rumah harus memperhatikan kualitas bahan saat akan membangun rumah tersebut. Salah satu yang cukup penting adalah pemilihan material untuk pintu rumah. Pasalnya, pintu memiliki peran penting di dalam sebuah rumah.

Pintu berfungsi sebagai akses keluar dan masuk ruangan, sebagai jalan sirkulasi udara, dan juga sebagai sumber penerangan alami. Terdapat beberapa jenis material yang biasa digunakan untuk membuat pintu rumah, di antaranya material kayu, baja, hingga aluminium.

Dari beberapa jenis material tersebut, pintu dari bahan kayu yang paling populer digunakan terutama untuk pintu rumah. Hal tersebut karena kayu memiliki motif yang natural. Selain itu, pintu kayu juga mudah disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan.

Daun pintu akan dipasang di salah satu sisi tembok dengan menggunakan engsel. Sementara sisi daun pintu lainnya akan dipasang handle atau gagang pintu sebagai alat untuk membuka dan menutup pintu.

Handle atau gagang pintu yang sering dibuka dan ditutup terkadang membuatnya menjadi longgar. Handle pintu yang longgar ditandai dengan bagian tengahnya yang tak mau bergerak saat handle ditarik dengan menggunakan tangan. Handle pintu yang longgar juga membuat pintu tak bisa tertutup dengan rapat.