Brilio.net - Atap rumah berfungsi sebagai penahan air hujan dan melindungi rumah dari teriknya paparan sinar matahari pada siang hari. Biasanya bagian atap rumah dibangun menggunakan kerangka dari bahan baja. Bahan tersebut dipilih karena ringan, mudah dipasang, dan tahan karat.

Setelah kerangka atap terpasang, bagian atap rumah pun ditutup dengan menggunakan genteng. Selain genteng, banyak juga yang menggunakan atap dari bahan seng, beton, hingga genteng kaca. Atap dari seng juga banyak digunakan karena lebih kuat dan pengaplikasiannya yang mudah.

Namun, meski bagian atap dibuat dengan bahan yang berkualitas, tak menutup kemungkinan adanya kebocoran pada atap. Atap yang bocor bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti, adanya celah pada atap yang terisi air, kemiringan atap yang kurang tepat, hingga talang air kurang cekung sehingga menyebabkan air menggenang.

Tapi tenang, kamu nggak perlu buru-buru merenovasi ulang hunianmu ya, karena masih ada cara untuk memperbaiki talang air yang mengalami kebocoran. Kalau biasanya banyak yang menggunakan lakban aluminium untuk menambal kebocoran, pemilik kanal YouTube Disabilitas Punya Cara justru menggunakan bahan lain untuk memperbaiki talang air yang bocor.