Brilio.net - Rumah merupakan tempat kita berpulang setelah lelah beraktivitas seharian. Oleh sebab itu, perlu memberi kenyamanan pada rumah sendiri. Salah satunya dengan mengecat dinding rumah dengan warna yang menarik.

Ternyata warna cat rumah dianggap sebagai salah satu elemen yang penting dalam menarik perhatian. Warna bisa menjadi pelengkap konsep yang dapat menjadi acuan dalam menghadirkan hunian yang nyaman.

Tren warna cat © 2019 brilio.net

Tren warna cat-© 2019 brilio.net/Syifa

Bahkan, menurut menurut praktisi penyembuh emosional, Reza Gunawan pemilihan warna pada cat dinding rumah memiliki pengaruh besar terhadap suasana hati dan emosi.

Loading...

"Warna bukan sesuatu yang hanya digunakan untuk mempercantik dan memperindah ruangan saja, tetapi lebih dari itu, warna memiliki peranan yang lebih mendalam. Warna dapat mempengaruhi suasana hati kita. Dalam ilmu penyembuhan tradisional, warna juga punya peranan dan fungsi kesehatan bagi tubuh manusia," ujarnya kepada media saat konferensi pers Peluncuran Dulux Colour of The Years di Jakarta, Kamis (12/12).

Tren warna cat © 2019 brilio.net

Tren warna cat-© 2019 brilio.net/Syifa

Nah, menyambut 2020, ternyata sudah ada tren warna untuk cat dinding yang bisa jadi inspirasi kamu mengubah cat dinding rumah. Warna Tranquil Dawn disebut sebagai warna yang akan tren di 2020. Warna ini merupakan perpaduan antara biru, hijau dan abu.

"Palet warna Tranquil Dawn yang tenang seperti warna yang fajar yang baru terbit, menenangkan kita dengan sentuhan warna alaminya. Bahkan dari terapi warna, warna hijau dan biru itu bisa untuk heeling, menyejukkan dan menenangkan," jelas Reza

Tren warna cat © 2019 brilio.net

Tren warna cat-© 2019 brilio.net/Syifa

Sementara itu, menurut Desainer Interior, Alvin Tjitrowirjo proses  pemilihan warna Tranquil Dawn merupakan hasil dari penelitian yang dilakukan oleh para ahli Dulux. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa di tahun 2019 orang-orang di seluruh dunia tengah mengalami kesibukan di keseharian dan dunia digital.

"Untuk itu di tahun 2020 ini, kami ingin mengajak banyak orang untuk membuat kehidupan yang lebih baik dan bermakna, seperti bercengkrama dengan keluarganya di rumah, serta menemukan rasa nyaman dan kenang di tempat tinggalnya. Tranquil Dawn merupakan cerminan dari aspirasi tersebut, sebuah warna yang dapat mengembalikan manusia pada sisi kemanusiaan ‘Human Touch’, serta menemukan makna dalam kehidupan," tutur Alvin.

Tren warna cat © 2019 brilio.net

Tren warna cat-© 2019 brilio.net/Syifa

Alvin menambahkan bahwa melihat tren saat ini, orang benar-benar membutuhkan ketenangan dan keheningan untuk merefleksikan diri mereka di tengah komitmen yang dinamis terhadap kehidupan di kota besar, saya pikir pemilihan tema warna Tranquil Dawn sangat tepat.

"Warna yang lembut tetapi tidak terlihat sendu memiliki sentuhan hangat seperti hubungan manusia yang harmonis. Ini bisa menjadi inspirasi untuk dekorasi bagi mereka yang ingin kembali menghadirkan sentuhan manusia di setiap sudut ruangan," katanya.

Tren warna cat © 2019 brilio.net

Tren warna cat-© 2019 brilio.net/Syifa

Masing-masing dari empat palet warna tersebut menampilkan Tranquil Dawn, tetapi dengan efek yang berbeda. The Care Pallete adalah campuran warna netral dan lembut yang diilhami oleh pagi di musim semi, The Play Palette mewujudkan energi transformatif dari hari musim panas yang cerah, The Meaning Pallete mengingatkan akan cakrawala cerah dan sejuk di hari musim dingin, dan The Creativity Pallete dipenuhi oleh nada-nada yang intens dan kaya dari hari musim gugur yang hangat.

Untuk rumah dan cat dekoratif khususnya, empat palet warna yang terkait memenuhi serangkaian kebutuhan yang spesifik, sementara juga memungkinkan konsumen untuk mengekspresikan diri melalui warna dengan percaya diri.

Sementara itu, dengan menggunakan warna Tranquil Dawn kamu bisa menggunakan aksen atau furnitur yang terbuat dari alam.

"Tren warna ini kan lebih dekat dengan alam, jadi (furnitur) menggunakan material yang alami. Misal dikombinasikan dengan rotan atau kayu," tutup Alvin.