Brilio.net - Kebanyakan orang menilai bahwa warna menghadirkan keceriaan. Namun rupanya ada warna yang diciptakan untuk menimbulkan kesan menakutkan dan mengerikan. Jika merah mendeskripsikan keberanian dan putih mendeskripsikan kesucian, lalu apa warna apa yang mendeskripsikan mengerikan tersebut?

Dikutip dari Antara, Sabtu (17/6) ternyata warna paling jelek di dunia dideskripsikan sebagai "kematian", "kotor" dan "aspal" dengan tujuan yang spesifik. Yaitu rona warna yang diciptakan atas tujuan penting yakni mengecilkan niat orang untuk merokok.

Warna paling mengerikan tersebut ialah warna Pantone 448 C. Warna cokelat tua yang menjemukan atau yang juga disebut "opaque couche".

Pantone 448 C © 2017 brilio.net

Warna ini secara spesifik dipilih setelah tiga bulan dan dari berbagai studi yang dilakukan agensi riset GfK. Sebuah agensi yang disewa oleh pemerintah Australia untuk menemukan warna apa yang paling menjijikkan sehingga jika ditaruh di produk tembakau maka orang-orang akan enggan merokok.

Loading...

Akhirnya warna tersebut telah digunakan pada kemasan rokok dengan gambar peringatan kesehatan yang populer hingga saat ini. Pemerintah negara lainnya pun mengikuti langkah tersebut. Negara seperti Inggris, Irlandia dan Prancis juga akan menggunakan warna muram yang sama seperti Australia ini.