×
Sign in

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google
Awalnya dianggap alay, 2 fakta ini bikin Indonesia makin mendunia

View Image

0

BRILIO » Serius

Awalnya dianggap alay, 2 fakta ini bikin Indonesia makin mendunia

Salah satu kreativitas masyarakat Indonesia saat mendukung timnas. (foto: Antara)

Bukan penemuan ilmiah tapi bikin sedunia membicarakannya.

16 / 06 / 2017

Brilio.net - Kemajemukan Indonesia ditambah populasi penduduk yang mencapai kurang lebih 240 juta adalah anugerah. Tak jarang banyak fakta-fakta remeh dari penduduknya yang bikin Indonesia makin dikenal.

Kalau kamu perhatikan belakangan ini, ada beberapa peristiwa yang awalnya dianggap alay tapi kemudian membuat bangsa ini dikenal seantero jagat. Nah, berikut ini dua fakta alay, yang bikin Indonesia makin mendunia.

1. "Om, Telolet, Om..."

meme telolet © 2016 istimewa

Fenomena ini berawal dari 'keisengan' gerombolan anak-anak di sebuah desa di Jepara yang berkumpul di pinggir jalan. Dari sejumlah video yang diunggah di YouTube, mereka terlihat membawa kertas karton besar bertuliskan, om telolet om yang diarahkan ke arah jalan raya.

Loading...

Mereka mengharapkan tiap kendaraan yang lewat membunyikan klakson. Setelah kendaraan yang mayoritas adalah bus mengeluarkan suara "telolet", mereka langsung sumringah kegirangan.

Jadi, frasa 'om telolet om' ini kerap diucapkan oleh mereka sembari teriak ke arah sopir bus agar mereka membunyikan klaksonnya.

"Om, telolet, om," teriak mereka.

Tak dinyana, sesuatu yang awalnya dianggap alay ini malah mendunia. Wabah' om telolet om ini sampai menjangkit para musisi internasional seperti Zedd, Martin Garrix, DJ Snake, Alesso, dan The Chainsmokers.

Perbincangan di media sosial mengenai om telolet om sudah terdengar sampai ke telinga mereka dan merajai trending topic di Twitter.

Jadi, mari sama-sama kita nostalgia lagi teriakkan, "Om, telolet, om."

2. Tanda 'Wkwkwkwkw'

Wkwkwkw © 2017 brilio.net

Ini juga menjadi Indonesia dikenal. Buktinya, salah satu komentar netizen di aksi Demian saat America's Got Talent beberapa waktu lalu juga menyebutkan jika Demian berasal dari Negeri wkwkwkwkw. Menyebut wkwkwkwkw identik dengan kebiasaan netizen Tanah Air saat berkomunikasi via platform perpesanan.

Demian © 2017 brilio.net

Biasanya, wkwkwkwkw digunakan untuk ekspresi tertawa saat bunyi pesan itu lucu dan penuh humor. Ada banyak versi yang menerangkan dari mana asal muasal 'wkwkwkw' tersebut.

Dikutip dari posting salah satu pengguna KasKus, menyebutkan, kata wk itu merupakan singkatan dari dua buah kata, w = wa/gw/gua, dan k = ketawa. Jadi, adi wkwkwk itu adalah wa ketawa, wa ketawa, wa ketawa.

Dalam ranah yang lebih ilmiah, fenomena 'wkwkwkw' dikenal dengan istilah onomatopoeia, onomatope berasal dari bahasa Yunani yang berarti membuat nama.

Onomatopoeia berarti 'nama' yang diberikan kepada suara. Jadi secara tak langsung onomatopoeia bisa diartikan sebagai sebuah kata untuk meniru sebuah suara. Dalam hal ini, "wkwkwkwkw" dimaksudkan meniru suara ketawa khas orang Indonesia.

Dan fenomena onomatopoeia tak hanya terjadi di Indonesia. Di belahan dunia lain, arti yang sama dengan "wkwkwkw" juga dipergunakan. Seperti di Puerto Rico biasanya digunakan istilah "jajaja", di Brasil mereka lebih sering menyebut dengan "kkkkk", di Kanada "wukaywukaywukay", sedangkan di Jepang "wwwwww".

Yang unik di Thailand mereka hanya menyebutnya dengan "555555" saja, sedangkan di Malaysia "kahkahkahkah".

Nah, dari penjelasan tersebut kamu makin paham kan sejarah dua fakta tersebut yang kemudian mendunia?

Tapi jangan lupa Guys, bukan cuma yang alay-alay saja kok yang bikin Indonesia dikenal. Sejumlah citra positif, seperti pariwisata, budaya, dan lainnya juga sudah membuat bangsa ini dipandang sejajar dengan negara lainnya.







Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    75%

  • Ngakak!

    25%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

Loading...

RECOMMENDED VIDEO

Wave white

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE
Wave more