Brilio.net - Masih ingat dengan gaun kontroversial yang tuai perdebatan warganet tahun 2015 lalu? Warna gaun tersebut menjadi perdebatan hingga viral di media sosial lantaran membuat bingung warganet apakah berwarna biru hitam atau berwarna putih emas. Bahkan artis seperti Taylor Swift pun ikut arus perdebatan ini.

Nah sekarang, lupakan perdebatan warna gaun tersebut dan cobalah tebak warna sepatu sneakers yang tengah menyebabkan kebingungan di internet ini. Sebuah foto memperlihatkan sneakers Vans yang diyakini warganet berwarna abu-abu dan hijau mint. Namun ada juga yang berpendapat bahwa sneakers tersebut berwarna pink dan putih. Beberapa warganet pun mulai ramai memperdebatkannya.

warna sepatu Vans © 2017 viral4real.com

Jadi menurutmu apa warna utama sneakers tersebut? Pink dengan bagian karet sol dan tali berwarna putih atau abu-abu dengan karet sol dan tali sepatu berwarna hijau mint?

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

Dikutip brilio.net dari viral4real, Senin (16/10), sepatu tersebut sebenarnya berwarna pink. Ya, warna utama pink dengan karet sol dan tali sepatu yang berwarna putih. Kok bisa? Bagaimana penjelasannya?

Secara ilmiah, warna yang terlihat merupakan hasil persepsi otak ketika cahaya masuk ke retina dengan panjang gelombang yang berbeda-beda. Perbedaan pandangan itu dipengaruhi oleh adanya ketidaksamaan lensa mata pada setiap individu.

"Sistem penglihatan kita sebetulnya selalu berusaha menilai warna yang sebenarnya dari sebuah benda yang yang dilihat dan diterima oleh retina. Hal itu dilakukan dengan menghilangkan warna lain yang dianggap hasil pembiasan atau pantulan lain. Bagi beberapa orang, kecepatan proses tersebut berbeda-beda," tutur ahli saraf Bevil Conway dari National Eye Institute.

Lebih lanjut Conway menjelaskan bahwa setelah seseorang melihat warna yang sebenarnya dari sepatu tersebut, yakni kombinasi pink dan putih, maka secara perlahan penglihatan seseorang yang tadinya melihat warna sepatu itu sebagai abu-abu dan mint akan menjadi kombinasi pink dan putih. Di bagian tersebut proses pengkoreksian warna pada sistem penglihatan kita terjadi.

Penjelasan Bevil Conway rupanya juga didukung oleh pernyataan seorang warganet yang mengecek ternyata tidak ada sepatu Vans dengan kombinasi abu-abu dan mint di halaman resmi merek sepatu tersebut. Perubahan warna yang terjadi pada sepatu itu diyakini karena kondisi pengambilan cahaya yang minim.

(brl/fen)