Brilio.net - Pakaian yang dicuci dan dijemur seringkali menjadi lecek dan kusut. Hal ini bisa saja disebabkan karena suhu panas dan air yang berinteraksi dengan bahan penyusun pakaian.

Setiap kain terbuat dari bahan yang mengandung polimer dan setiap ikatan polimer ini memiliki ikatan yang sama seperti ikatan molekul air. Saat kain mendapatkan atau bertemu dengan panas, maka ikatan ini akan pecah.

Akibatnya, serat polimer akan bergeser dari posisi awalnya dan saat kain menjadi dingin, maka akan ada ikatan baru yang terbentuk dari pergeseran serat. Hal ini akan membuat pakaian memiliki bentuk yang baru dan berbeda yang kita sebut sebagai kusut.

Kalau pakaian kusut begini kan mau nggak mau kamu harus menyetrikanya sebelum menggunakan. Padahal, menyetrika pakaian adalah pekerjaan yang merepotkan dan memakan waktu. Apalagi jika kamu memiliki banyak pakaian yang harus disetrika. Nggak heran jika banyak orang yang malas menyetrika pakaian.

Nah, bagi yang malas nyetrika, ternyata ada loh trik mudah untuk membuat pakaian antilecek saat dijemur? Kamu nggak perlu membeli produk-produk khusus yang mahal atau menggunakan alat-alat canggih yang ribet.

Kamu hanya perlu menyediakan dua bahan sederhana yang mungkin sudah ada di rumah. Trik ini pun dibagikan oleh seorang warganet lewat akun TikTok @myversionofzen.

bikin pakaian anti-lecek saat dijemur © TikTok

foto: TikTok/@myversionofzen