Brilio.net - Pakaian adalah salah satu kebutuhan pokok manusia yang berfungsi melindungi tubuh dari cuaca, sinar matahari, dan bahaya lainnya. Selain itu, pakaian juga berperan sebagai sarana ekspresi diri, identitas, dan budaya. Pakaian yang kamu kenakan dapat mencerminkan kepribadian, selera, dan gaya hidup. Namun, tidak semua pakaian dapat bertahan lama dan tetap terlihat bagus.

Beberapa pakaian mungkin mengalami kerusakan seperti sobek, luntur, atau kusut. Selain itu, kerusakan paling umum dan mengganggu adalah pakaian yang brudul atau berbulu. Pakaian yang brudul adalah pakaian yang permukaannya terdapat benang-benang kecil menggumpal atau menempel. Pakaian yang brudul tidak hanya mengurangi keindahan penampilan, tetapi juga menandakan kualitas kain yang kurang baik.

Kain yang terbuat dari serat alami seperti katun, wol, atau sutra cenderung lebih mudah brudul daripada kain sintetis seperti poliester, nilon, atau spandeks. Hal ini karena serat alami lebih rapuh dan mudah patah. Selain itu mencuci pakaian dengan cara yang salah juga dapat merusak serat kain dan membuatnya brudul. Kebiasaan mencuci dengan deterjen yang terlalu keras, suhu air terlalu panas, atau menggosok pakaian terlalu keras bisa merusak kualitas pakaian.

Faktor-faktor tersebut memang cukup mudah dihindari. Namun, jika sudah terlanjur merusak pakaian, mau nggak mau kamu harus mencari cara untuk mengatasinya. Seorang warganet pun membagikan trik atasi pakaian yang brudul lewat unggahan video di YouTube ecologicaltime. Siapa sangka kamu hanya perlu membutuhkan satu bahan sederhana untuk mengatasinya.