Brilio.net - Bagi orang yang tinggal di ibukota Jakarta, sudah tak asing lagi dengan sosok ondel-ondel yang berjalan sambil mengamen di jalanan. Ondel-ondel ini merupakan kesenian boneka yang bersumber dari akar kebudayaan asli Betawi.

Biasa berjalan sambil menghibur orang-orang di pemukiman, sebuah ondel-ondel viral di Twitter lantaran aksi heroiknya memberikan makan ke kucing jalanan. Dilansir brilio.net dari Twitter @ZOO_FESS pada Senin (15/3) akun tersebut mengunggah potret ondel-ondel sedang memberi makanan untuk kucing jalanan.

Di balik ondel-ondel tersebut ada sosok pria yang berhati baik. Setiap hari ia memberi makan kucing jalanan di Dukuh Atas, Menteng.

Ondel-ondel kasih pakan kucing © 2021 brilio.net

ANDA MUNGKIN MENYUKAI INI

foto: Twitter/@ZOO_FESS

"Ondel ondel dukuh atas yang satu ini bener bener baik banget dia bawa 1 kg makanan kucing untuk di bagi bagi untuk kucing dukuh atas dan dia rutin loh," tulis akun Twitter @ZOO_FESS

Dari unggahan tersebut, banyak warganet terutama pecinta binatang merasa salut dengan kepedulian pria dibalik ondel-ondel tersebut. Aksinya dianggap heroik karena telah menyelamatkan kucing-kucing liar dari kelaparan. Setiap hari ia membawa 1 kg pakan kucing untuk kucing-kucing yang ia temui di sepanjang perjalanannya mencari rezeki.

Selain membuat salut, warganet juga merasa iba pada pria tersebut karena terlihat tanpa alas kaki saat berkeliling dan salah satu kakinya memakai perban seperti habis mengalami luka.

Ondel-ondel kasih pakan kucing © 2021 brilio.net

foto: Twitter/@ZOO_FESS

"Itu kakinya luka ya? sedih banget liat ginian cuma bisa ngasih doa, semoga rezeki bapak/ibunya lancar terus sehat selalu ya pak/bu!!!," tulis @Ailikeyouuu.

"Padahal dia sendiri kakinya luka, mana ga pake sendal pak semoga rejekinya berbalik ke bapak yaa.. bapak orang baik. amiin," tulis @crownbby.

Hingga saat ini, postingan yang diunggah lewat Twitter @ZOO_FESS tersebut sudah mendapatkan 300 lebih balasan, 5,2 ribu retweet dan 21,6 ribu like dari pengguna Twitter. Selain menunjukkan rasa salut pada pria ondel-ondel itu, ada seorang warganet mengungkapkan bahwa dirinya sering melihat ondel-ondel itu.

Ondel-ondel kasih pakan kucing © 2021 brilio.net

foto: Twitter/@ZOO_FESS

"Ahhh aku juga pernah ketemu sm ondel ondel ini. Setiap hari loh kasih makannya," tulis akun Twitter @fatchincilla.

"Biasanya bapaknya suka keliling jam 7-8 malem di deket stasiun sudirman atau gak depan stasiun bni city sambil kasih makan kucing2 di sana. No wonder kucing disana gendut2," tambahnya.

Melihat kebaikan pria ondel-ondel itu, banyak warganet pun mendoakan agar rezekinya lancar dan selalu diberikan kesehatan agar bisa selalu memberi makan kucing-kucing jalanan.

"YaAllah cuma bisa berdoa biar dilancarkan terus rejeki bapaknya amiin, terima kasih banyak pak udah mau menghibur dan melestarikan budaya sekaligus membantu kucing sekitar," tulis @janedaisies.

"Aaa saluuut. Semoga rezekinya selalu dilancarkan dan segala urusannya dimudahkan, aamiin. Salam hormat untuk ondel-ondelnya," tulis @HiMiaaw.

"Beliau percaya, rezeki datang dari mana aja dan dengan cara apapun :) semoga dilancarkan rezeki nya," tulis @sunnyxyde.-

(brl/red)