Rumah ini terdiri dari tiga lantai yang tiap lantainya memiliki tinggi sekitar 2 meter. Dari depan, rumah tersebut memiliki penampakan kayu yang disusun rapi. Sementara di bagian belakang dan samping rumah, tampak memakai PVC.

rumah susun kayu © TikTok

foto: TikTok/@grafiztv

Proses pengelasan rangka besi hollow dikerjakan di workshop atau tempat khusus las. Setelah semua sudah dilas dan dipasang menjadi beberapa bagian, baru besi-besi tersebut dibawa ke tempat pembangunan rumah.

rumah susun kayu © TikTok

foto: TikTok/@grafiztv

Lantai pertama langsung diisi oleh dapur dan ruang tamu yang bisa difungsikan sebagai ruang makan juga. Kemudian menaiki tangga dari triplek dengan lebar 60 cm, terdapat lantai dua yang diisi oleh kamar tidur. Di sana juga dibuat meja kerja atau belajar untuk penghuninya beraktivitas. Serta ada satu toilet dengan lantai keramik.

rumah susun kayu © TikTok

foto: TikTok/@grafiztv

Di lantai ketiga juga masih kamar tidur dan tempat kerja untuk dua orang. Karena ukurannya sempit, jadi tidak banyak barang di setiap ruangan. Semua lantai tampaknya menggunakan material GRC, sejenis beton yang diperkuat serat.

Selain itu setiap lantai terdapat banyak jendela, sehingga untuk sirkulasi udara sangat cukup dan suhu di dalam jadi tidak panas. Uniknya lagi, rumah ini bukan hunian permanen, lho. Jadi sewaktu saat bisa dibongkar.

rumah susun kayu © TikTok

foto: TikTok/@grafiztv

Total biaya rumah susun ukuran 3x4 meter ini sektiar Rp 75 juta. Biaya tersebut tidak bisa dijadi patokan karena harga bahan material yang berubah. Semua kabel dipsang rapi menggunakan pipa, sehingga dia tidak ditanam dalam besi hollow.

Rumah susun unik tersebut menarik perhatian pengguna TikTok lainnya. Video yang diunggah oleh akun @grafiztv itu sudah ditonton lebih dari 139 ribu dengan beragam tanggapan dari warganet di kolom komentar.

Wajib di simpan ini buat rumah masa depan,gak suka rumah yg gede," kata @nino_astaman31.

Mengatasi suhu ruangan bisa di pasang exhaust fan setiap lantai," ujar @jrioronrisky.

Berasa lg di project site office," tambah @tekoorok.

 

@grafiztv Interior rumah besi hollow 3x4 meter 3 lantai dinding pvc & kayu tinggi ruangan 2 meter #videoshort #kontraktor #tukangbangunan #tinyhouse #rumahbesi #bangunrumah Satu Rasa Cinta (Dj Remix) - Fira Cantika