"Mini vlog bikin dapur dalam rumah bersubsidi dari sisa tanah yang lebarnya cuma 2 meter, kira-kira bisa estetik nggak ya?" ujar pemilik video di awal tayangan, dikutip brilio.net pada Jumat (14/4).

Pembangunan dapur ini sekaligus memperbaiki toilet yang desainnya seperti pada rumah subsidi umumnya. Proses pembangunan pun dimulai dengan menggunakan 3.000 buah batu bata.

dapur estetik rumah bersubsidi TikTok

foto: TikTok/@heynunn

Dalam video tersebut pembangunan dimulai dengan mendirikan tembok luar terlebih dahulu. Tembok tersebut dibangun disambungkan dengan bangunan utama.

Pada momen selanjutnya, ditunjukkan juga sink cuci piring yang punya ukuran dalam. Pemilihan sink cuci piring ini diakui pemilik video terinspirasi dari TikTok agar air tidak berceceran saat mencuci piring. Sementara untuk meja dapur, sang pemilik video menggunakan keramik jenis granit warna abu-abu berukuran 60x120 cm.

dapur estetik rumah bersubsidi TikTok

foto: TikTok/@heynunn

Sementara pembangunan tembok membutuhkan waktu tujuh hari untuk menghasilkan tembok yang tingginya sejajar dengan bangunan utama rumah. Setelah sejajar, dimulailah proses pemasangan penyangga bambu untuk mengecor bagian atap.

dapur estetik rumah bersubsidi TikTok

foto: TikTok/@heynunn

"Karena budget yang terbatas, jadi aku nggak ngecor atap full. Hanya area ini (pinggir) yang bakalan nantinya dipakai untuk tandon air di atasnya jadi nggak terlalu banyak makan biaya," imbuh pemilik video.

Bagian atap yang belum tertutup cor ini kemudian diberi atap spandek dengan rangka baja ringan. Uniknya, bagian ujung dapur atas tidak sepenuhnya tertutup oleh seng spandek. Melainkan ditutup oleh atap bening yang bisa dimasuki sinar matahari.

Si pemilik video ini mengaku ingin mencontoh potret dapur idamannya yang ia lihat di Pinterest. Selain digunakan sebagai area dapu, ruangan baru tersebut pun digunakan sebagai area laundry. Bagian atap yang terkena sinar matahari ini digunakan untuk jemuran.

dapur estetik rumah bersubsidi TikTok

foto: TikTok/@heynunn

Setelah meja cor dapur jadi, bagian tembok pun sudah di cat putih. Terlihat dapur memanjang yang punya luas 2 meter ini tampak rapi dan estetik. Pada unggahan lainnya, ditunjukkan pula penampakan dapur yang sudah berfungsi. Tampak dapur di rumah subsidi ini sangat estetik dengan nuansa putih dengan sorotan lampu temaramnya.

 

@heynunn Membalas @alfia (_) Ternyata terasa luas dapurnya pdhl cuma 2 mtr #rumahsubsidi #makeoverdapur Mozart Minuet with violin(815356) -