Di bagian hidung dibuat kemerah-merahan serta highlighter di tulang hidung supaya terlihat menonjol. Mata pengantin juga dibuat belo dengan bulu mata yang stunning.

manten Solo Putri ubah pakem © TikTok

foto: TikTok/@alantika94

Penampilan calon pengantin ini semakin sempurna dengan kebaya pengantin hijab warna putih. Mengikuti riasan pengantin Solo Putri, aksesori di kepalanya dipasang cunduk mentul. Pada penggunaan cunduk mentuk biasanya berjumlah ganjil, seperti 5, 7 dan 9.

Pernikahan adat Solo pun tidak lepas dari roncean bunga melati. Bunga melati yang dirangkai sedemikian rupa tersebut disematkan sebagai hiasan kepala. Roncean bunga melati pada pengantin tersebut menjulur sampai ke bagian pinggang.

foto: TikTok/@alantika94

Namun, hal yang menjadi sorotan adalah adanya tambahan bunga anggrek di ronce tersebut. Meski terlihat cantik, namun tak sedikit netizen yang menilai jika hal tersebut justru mengubah pakem dari riasan manten adat Solo. Namun, tak sedikit pula yang justru membela jika itu merupakan modifikasi riasan pengantin.

"wong jowo ojok nganti ilang jowone..lama2 mua bikinnya biar ccntik..pdhal ngerubah pakem yg ada," kata @_ferrista

"Dari dulu sakralnya pengantin karna melatinya," ujar @ayu_nih209

"modif boleh tpi kalau pakai solo putri usahain pakem"nya jgn smpe hilang ya sodara," sahut @madona_nona

"aku pernah denger kalau milih MUA buat nikahan harus pakem karena pengaruh nanti dalam perjalanan menikah katanya sih ya," komentar @miumiuku1

"Ini namanya modifikasi, bkn maksud ngilangin adat jawa atau kepakeman, tp kembali lg ke kreativitas mua & kmauan pengantin mau pakem / modifikasi," timpal @mommyandvinza

@alantika94

universe (sped up) - thuy