Brilio.net - Seiring waktu bukan hanya fashion saja yang mengalami perubahan, tren makeup pun berubah dari masa ke masa. Jika di era 90-an makeup pengantin memiliki ciri khas lipstik merah merona dan alis tipis. Perbedaan yang menonjol juga terlihat pada penggunaan eyeliner di bawah mata. Banyak yang menyebut, jika riasan jaman dulu memiliki aura mistis tersendiri.

Sementara kini, seiring dengan perkembangan tren makeup, MUA (Make Up Artist) menggunakan beragam teknik untuk riasan wajah pengantin. Seperti makeup Korea yang natural, Thailand yang glamour, maupun makeup Indian yang menawarkan gaya elegan dengan warna mencolok.

Brilio.net melansir dari akun TikTok @mua_zam pada Jumat (7/7), seorang MUA berhasil memperlihatkan perubahan makeup pada tahun 90-an dengan sekarang. Menariknya, makeup tersebut dilakukan oleh satu MUA yang sama. Sang ibu yang lebih dulu menikah saat itu dirias menjadi pengantin adat Jawa dengan makeup yang super bold.

potret beda makeup dari zaman ke zaman © TikTok

foto: TikTok/@mua_zam

Berbeda dengan kini, alis ibu yang lebih dulu menikah itu memiliki bentuk runcing dengan eyeliner lebih tebal. Penampilannya pun tampak lebih meriah dibanding kini. Baju adat yang digunakan dipenuhi ornamen bunga dengan menambahkan aksesori mencolok, yakni kalung.

potret beda makeup dari zaman ke zaman © TikTok

foto: TikTok/@mua_zam

Sementara itu, sang anak yang menikah di tahun 2022 dirias menjadi pengantin tradisional dengan look yang lebih flawless. Riasan mata sang anak lebih lentik dengan menambahkan highlighter untuk menonjolkan beberapa bagian wajah, seperti pipi, hidung, dan dagu. Pemakaian softlens pun jadi jadi nilai plus untuk penampilannya.