Brilio.net - Menurut bahasa, thaharah berarti bersuci. Secara istilah, thaharah berarti membersihkan diri, pakaian, tempat, atau benda-benda lain dari najis dan hadats menurut cara-cara yang telah ditentukan syariat Islam.

Thaharah adalah syarat wajib yang harus dipenuhi dan dilakukan dalam beberapa macam ibadah. Thaharah atau bersuci merupakan suatu hal yang sangat penting kaitannya dalam ibadah yang akan dilakukan. Kata thaharah merupakan ism mashdar dan di'il madhi thahara yuthahhiru tahiran dan thaharah.

Menurut istilah ahli fiqh, thaharah adalah "membersihkan diri dari hadats dengan berwudu, mandi, dan tayammum dan membersihkan diri dari kotoran baik yang melekat pada diri, pakaian, perkakas maupun tempat.

Syekh Ahmad Jad mengartikan thaharah sebagai aktivitas bersuci dari najis dan kotoran baik yang tampak maupun yang tidak. Nah untuk memahami lebih rinci mengenai thaharah, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Jumat (12/8).

Pengertian thaharah

thaharah dan keutamaannya © berbagai sumber

foto: Unsplash/herhy Ad

Kata thaharah berasal dari bahasa Arab yang secara bahasa berarti kebersihan atau bersuci. Sedangkan menurut istilah, thaharah adalah mengerjakan sesuatu yang dengannya kita boleh mengerjakan salat seperti wudu, mandi, tayamum, dan menghilangkan najis.

Menurut syara', thaharah adalah suci dari hadats atau najis dengan cara yang telah ditentukan oleh syara seperti dengan melakukan mandi dan tayamum agar dapat melaksanakan salat.

Thaharah pada dasarnya adalah sebuah ibadah yang mencakup seluruh ibadah lainnya. Tanpa adanya thaharah mustahil akan terwujud ibadah yang sah karena seseorang harus dalam keadaan yang bersih dan suci untuk mencapai kesempurnaan ibadah. Alat-alat yang dapat digunakan untuk melakukan thaharah atau mensucikan diri dari najis yaitu menggunakan media air, batu, debu, dan tanah.

Thaharah merupakan simbol aksi gerakan bersih "luar dalam" yang disyariatkan Islam. Aksi yang harus diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Thaharah bukan hanya wacana ritual belaka yang tidak memiliki makna, tetapi aksi yang akan mengikis segala bentuk "kekotoran" yang melekat dalam hidup kita.

Dari beberapa pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa thaharah merupakan mensucikan dan membersihkan diri dari najis dan hadats sebagai salah satu syarat melakukan ibadah bisa dengan wudu, mandi, atau tayamum.

(brl/ola)