Brilio.net - Pada dasarnya kehidupan manusia tidak pernah luput dari masalah dan cobaan. Sebab, jika Allah SWT mendatangkan cobaan bukan karena tidak sayang kepada umat-Nya, melainkan sebaliknya. Cobaan tersebut adalah wujud cinta dan kasih sayang Allah kepada seorang muslim untuk selalu mendekat kepada-Nya dan beribadah kepada Allah SWT.

Bagi umat Islam mungkin sudah nggak asing dengan bacaan "la tahzan innallaha ma'ana". Bacaan ini seringkali diucapkan untuk menghibur seseorang yang sedang bersedih atau dalam kesulitan. Sebab, membagi kebahagiaan, terlebih kepada orang yang sedang bersedih merupakan salah satu anjuran yang perlu diterapkan seorang muslim.

Bacaan la tahzan innallaha ma'ana merupakan potongan surat At Taubah ayat 40. Melalui ayat ini, begitu bayak kebaikan dan nasihat yang Allah SWT berikan kepada umat Islam. Pasalnya, banyak keutamaan yang dapat diraih dalam memberikan hiburan terhadap sesama.

Karena sesungguhnya kesedihan bersifat hanya sementara. Maka, ketika seseorang ditimpa sebuah masalah, musibah, dan cobaan yang berat, orang muslim dianjurkan untuk sabar dan ikhlas dalam menghadapinya. Yakinkan bahwa Allah kelak akan menggantikan dengan kebahagiaan.

Lebih lanjut, berikut penjelasan mengenai arti la tahzan innallaha ma'ana beserta makna dan penggunaannya, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Senin (1/8).

(brl/jad)