Brilio.net - Karya ilmiah terdiri dari dua kata, yaitu karya dan ilmiah. Karya memiliki arti pekerjaan, hasil perbuatan, buatan, dan ciptaan. Sedangkan, ilmiah berarti bersifat ilmu. Dalam membuat sesuatu yang bersifat ilmiah seseorang harus memiliki landasan yang kuat atau dikenal dengan istilah teori. 

Karya ilmiah diperoleh ilmuan melalui pengamatan, peninjauan, wawancara, angket, atau penelitian dalam bidang tertentu yang disusun secara sistematis dan menggunakan bahasa yang baik. Karya ilmiah juga disebut sebagai academic writing karena biasa ditulis oleh mahasiswa dan dosen di perguruan tinggi. Karya tulis ilmiah berfungsi sebagai pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilakukan oleh peneliti secara logis dan empiris. Nah untuk memahami lebih rinci mengenai karya ilmiah, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Rabu (7/9).

Pengertian karya ilmiah

karya ilmiah © berbagai sumber

foto: Unsplash/Scott Graham

Karya tulis ilmiah adalah karangan yang memaparkan pendapat, hasil pengamatan, tinjauan, dan penelitian dalam bidang tertentu yang disusun menurut metode tertentu dengan sistematika penulisan, bersantun bahasa, dan isi yang kebenarannya dapat dipertanggungjawabkan. 

Karya ilmiah juga dapat dipahami sebagai sebuah tulisan yang memuat argumentasi penalaran keilmuan yang dikomunikasikan melalui bahasa tulisan yang baku dan sistematis. Berikut pengertian karya ilmiah menurut para ahli yaitu:

1. Menurut Eko Susilo, karya ilmiah adalah salah satu karangan atau tulisan yang didapat sesuai dengan sifat keilmuannya dan didasari oleh hasil pengamatan, pemantauan, serta penelitian dalam bidang tertentu yang disusun menurut metode tertentu serta sistematika penulisan yang bersantun bahasa.

2. Dwiloka dan Riana mengungkapkan bahwa karya ilmmiah merupakan karya seorang ilmuwan yang hendak membangun ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni yang didapat melalui literatur, pengalaman, dan penelitian.

3. Drs Totok Djuroto menyebutkan bahwa karya ilmiah merupakan serangkaian kegiatan penulisan berdasarkan hasil penelitian yang sistematis berdasarkan pada metode ilmiah untuk mendapatkan jawaban secara ilmiah terhadap permasalahan yang muncul sebelumnya.

4. Brotowidjoyo mengemukakan bahwa karya ilmiaha dalah karangan ilmu pengetahuan yang menyajikan fakta umum dan ditulis secara metodologi penulisan yang baik dan benar.