Brilio.net - Setiap makhluk hidup pastinya perlu memiliki kemampuan untuk adaptasi terhadap lingkungannya. Dengan beradaptasi, setiap makhluk hidup dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya, belajar melindungi diri, mendapatkan makanan dan minuman, serta bereproduksi.

Kemampuan adaptasi penting dilakukan supaya bisa bertahan hidup di lingkungannya. Selain kemampuan adaptasi, kelangsungan hidup suatu organisasi juga dipengaruhi oleh faktor seleksi alam serta suksesnya perkembangbiakan. Adanya adaptasi juga menghasilkan sistem klasifikasi berdasarkan pengenalan ciri-ciri bentuk tubuh, fungsi organ, serta tingkah laku setiap jenis manusia hidup.

Untuk lebih jelasnya, berikut brilio.net merangkum ulasannya dari berbagai sumber pada Selasa (6/9).

Pengertian adaptasi.

Adaptasi adalah penyesuaian diri © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Adaptasi adalah cara bagaimana organisasi mengatasi tekanan sehingga menyesuaikan diri terhadap lingkungan untuk terus bertahan hidup. Dalam beradaptasi, berbagai organisme umumnya melakukan penyesuaian untuk mendapatkan tekanan (air, udara, nutrisi), mengatasi kondisi fisik lingkungan (suhu dan cahaya), pertahanan diri dari pemangsa, reproduksi, serta respons terhadap perubahan lingkungan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pengertian adaptasi adalah perubahan diri makhluk hidup (fungsi atau struktur), supaya sesuai atau dapat bertahan dalam kondisi lingkungannya. Adaptasi juga disebut sebagai bagian dari ciri-ciri makhluk hidup.

Berikut ini pengertian adaptasi menurut para ahli.

1. Gerungan (2002).

Pengertian adaptasi adalah penyesuaian pribadi terhadap lingkungan, penyesuaian ini dapat berarti mengubah lingkungan sesuai dengan keinginan pribadi.

2. Soekanto (2017).

Pengertian adaptasi adalah proses penyesuaian dari individu, kelompok, maupun unit sosial terhadap norma-norma, proses perubahan, atau pun kondisi yang diciptakan.

3. Rohadi (2016).

Pengertian adaptasi adalah kemampuan makhluk hidup untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan hidupnya. Penyesuaian ini berupa bentuk tubuh, penyesuaian tingkah laku, dan penyesuaian bentuk tubuh.

4. Atwater (1983).

Pengertian adaptasi adalah fleksibilitas perubahan dalam tingkah laku yang perlu dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dan memenuhi tuntutan yang timbul dari lingkungan.