Brilio.net - Islam mengajarkan ketika akan melakukan segala sesuatu baik untuk diri sendiri maupun orang lain, dianjurkan mengucapkan kalimat yang baik. Ada beberapa kalimat yang biasa digunakan untuk menuangkan ekspresi atau tanggapan atas suatu hal maupun kejadian. Salah satu kalimat yang baik untuk diucapkan adalah barakallahu fiikum.

Barakallahu fiikum merupakan ungkapan bahasa Arab yang sering diucapkan bahkan didengar dalam kehidupan sehari-hari. Kalimat ini juga sering digunakan ketika ingin mengucapkan rasa terima kasih kepada seseorang. Kalimat barakallahu fiikum memiliki makna yang mengandung doa dan rasa syukur.

Kalimat barakallahu fiikum mempunyai makna yang bertujuan untuk mendoakan supaya mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Ketika kamu mendengar kabar baik, rasa syukur, maupun sebuah pertolongan, kalimat alhamdulillah seringkali diucapkan oleh muslim. Namun, ternyata ada juga kalimat yang bisa diucapkan dengan tujuan mendoakan keberkahan bagi setiap muslim.

Karena seringkali diucapkan, maka penting untuk mengetahui makna barakallahu fiikum, cara menjawab, dan keutamaannya. Berikut telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Sabtu (3/9).