Brilio.net - Pengangguran adalah suatu keadaan di mana seseorang yang tergolong dalam kategori angkatan kerja tidak memiliki pekerjaan dan secara aktif tidak sedang mencari pekerjaan. Pengangguran atau bisa disebut juga tunakarya adalah istilah untuk orang yang tidak bekerja sama sekali atau sedang mencari pekerjaan. Pengangguran umumnya disebabkan karena jumlah angkatan kerja atau para pencari kerja tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia. 

Pengangguran merupakan masalah dalam perekonomian karena dengan adanya pengangguran, produktivitas dan pendapatan masyarakat berkurang, sehingga menyebabkan timbulnya kemiskinan dan masalah sosial lainnya. Untuk mengetahui lebih rinci mengenai pengangguran, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Sabtu (3/9).

Pengertian pengangguran

pengertian, jenis, dan dampak pengangguran © berbagai sumber

foto: Unsplash/Jon Tyson

Pengangguran didefinisikan sebagai suatu keadaan di mana seseorang yang tergolong dalam kategori angkatan kerja tidak memiliki pekerjaan dan secara aktif sedang mencari pekerjaan. Orang yang menganggur dapat didefinisikan sebagai orang yang tidak bekerja dan secara aktif mencari pekerjaan selama empat minggu sebelumnya, sedang menunggu panggilan kembali untuk suatu pekerjaan setelah diberhentikan, atau sedang menunggu melapor atas pekerjaan yang baru dalam waktu empat minggu. Pengangguran termasuk masalah makro ekonomi yang dapat memengaruhi manusia secara langsung dan merupakan masalah yang paling berat yang akan menyebabkan penurunan standar kehidupan dan tekanan psikologis.

Terdapat beberapa definisi mengenai pengangguran yaitu sebagai berikut:

1. Menurut International Labor Organization (ILO), pengangguran adalah kelompok penduduk usia kerja yang selama periode tertentu tidak bekerja dan bersedia menerima pekerjaan serta sedang mencari pekerjaan.

2. Menurut Badan Pusat Statistik (BPS), pengangguran adalah orang yang tidak bekerja sama sekali atau bekerja kurang dari dua hari selama seminggu sebelum pencacahan dan berusaha memperoleh pekerjaan.