Brilio.net - Tumbuhan tersusun dari sel-sel yang membentuk jaringan. Jaringan merupakan sekelompok sel yang memiliki struktur dan fungsi yang sama untuk membentuk satu kesatuan. Tanaman juga terdiri atas dua sistem struktural yaitu sistem pucuk dan sistem akar. Sistem pucuk terdiri dari daun, batang, buah-buahan, dan bunga.

Sedangkan, sistem akar terdiri dari akar, umbi, dan rhizobial yang terletak di bagian bahwa tanah. Pembentukan awal tanaman dimulai pada jaringan meristem. Kemudian jaringan meristem akan menyebar ke berbagai kelompok yang disebut sebagai jaringan sederhana. Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai jaringan pada tumbuhan, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Kamis (1/9).

Pengertian jaringan pada tumbuhan

Pengertian dan jenis-jenis jaringan tumbuhan © berbagai sumber

foto: Unsplash/Fayette Reynolds

Jaringan tumbuhan merupakan jaringan yang tersusun atas sel-sel yang mempunyai kemampuan titik potensial yang berbeda dengan jaringan hewan. Jaringan tumbuhan memiliki kemampuan yaitu dapat memperbanyak diri karena tubuh tumbuhan terdiri atas beragam sel. Jaringan tumbuhan juga dapat dipahami sebagai sekumpulan sel-sel tumbuhan yang mempunyai bentuk, asal, fungsi, dan struktur yang sama. Jaringan pada tumbuhan terdiri atas jaringan muda (meristem) dan jaringan dewasa.