Brilio.net - Suku bangsa adalah kelompok manusia yang memiliki persamaan ciri dan budaya. Suku bangsa sangat berkaitan dengan asal-usul, tempat asal, dan kebudayaan. Terdapat sekitar 1.128 suku bangsa yang ada di Indonesia.

Wilayah Indonesia yang luas dan berbentuk kepulauan yang memengaruhi keanekaragaman budaya bangsa Indonesia. Suku bangsa juga dapat dimaknai sebagai sebuah pengorganisasian sosial mengenai jati diri di mana anggota suku bangsa mengaku sebagai anggota suatu suku bangsa karena dilahirkan oleh orang tua dari suku bangsa tertentu atau dilahirkan dari daerah tertentu.

Untuk mengetahui lebih rinci mengenai suku bangsa, brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Jumat (2/9).

Pengertian suku bangsa

pengertian suku bangsa © berbagai sumber

foto: Unsplash/Bob Brewer

Suku bangsa adalah suatu golongan manusia yang mengidentifikasi dirinya dengan sesama berdasarkan garis keturunan yang dianggap sama dengan merujuk ciri khas seperti budaya, bangsa, bahasa, agama, dan perilaku.

Suku bangsa adalah golongan sosial yang dibedakan dari golongan-golongan sosial lainnya karena memiliki ciri-ciri yang paling mendasar dan umum yang berkaitan dengan asal usul, tempat asal, serta kebudayaannya. Suku bangsa juga dapat dipahami sebagai suku sosial yang khusus dan bersifat askriptif yang coraknya sama dengan golongan umur dan jenis kelamin.

Setiap suku mempunyai adat istiadat, tata kelakuan, dan norma yang berbeda. Namun, keberagaman suku bangsa ini mampu mengintegrasikan dalam suatu negara Indonesia untuk mencapai tujuan masyarakat yang adil dan makmur.