Brilio.net - Istilah kontribusi pasti sudah nggak asing di telinga masyarakat. Kontribusi merupakan salah satu bentuk partisipasi yang dilakukan oleh setiap orang. Dalam kehidupan manusia, pastinya tidak lepas adanya kerja sama untuk memenuhi setiap kebutuhan.

Kontribusi juga bisa diartikan sebagai bentuk kerja sama dalam kehidupan. Umumnya, orang yang berkontribusi adalah orang yang mempunyai keterlibatan secara langsung dengan kepentingan. Kontribusi memiliki peran yang penting untuk mencapai tujuan dengan cepat.

Dengan adanya kontribusi, berarti setiap individu tersebut juga berusaha meningkatkan efisiensi dan efektivitas hidupnya. Hal ini dilakukan dengan cara menajamkan posisi perannya, sesuatu yang kemudian menjadi bidang spesialisasi, supaya lebih tepat sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Kontribusi juga dapat melibatkan bidang pemikiran, kepemimpinan, profesionalisme, finansial, dan lainnya.

Nah, untuk dapat memahami lebih lanjut mengenai pengertian dan manfaat dari kontribusi, berikut telah dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Rabu (7/9).