Brilio.net - Biosfer merupakan tempat sistem ekologis global yang menyatukan seluruh makhluk hidup termasuk hubungan interaksi yang meliputi unsur hidrosfer, litosfer, dan atmosfer. Lapisan biosfer lebih berfokus pada tempat tinggal makhluk hidup dan merupakan lapisan yang paling tipis.

Lapisan biosfer hanya berkisar 9.000 meter dan menjadi sistem kehidupan yang kompleks. Saat ini, lapisan biosfer masih menjadi tempat yang paling ideal untuk mendukung kelangsungan hidup karena belum ditemukan tempat lain yang memiliki unsur kehidupan seperti di bumi.

Nah untuk memahami lebih rinci mengenai lapisan biosfer, berikut brilio.net telah merangkumnya dari berbagai sumber pada Selasa (6/9).

Pengertian biosfer.

pengertian dan fungsi biosfer © berbagai sumber

foto: Unsplash/Todd Diemer

Secara etimologi, biosfer berasal dari kata bios yang berarti hidup dan sphere yang berarti lapisan, sehingga biosfer dapat diartikan sebagai lapisan tempat tinggal makhluk hidup atau seluruh ruang hidup yang ditempati oleh organisme. Biosfer juga dapat didefinisikan sebagai lapisan bumi yang dapat dihuni atau ditinggali oleh makhluk hidup untuk melangsungkan hidupnya. Lapisan ini terdiri dari daratan, perairan, udara yang memungkinkan adanya kehidupan selama proses biotik berlangsung. Terdapat beberapa definisi mengenai biosfer menurut para ahli yaitu sebagai berikut:

1. Menurut M. Allaby, biosfer merupakan salah satu habitat bagi organisme yang membentuk sistem kelompok yang stabil dan efektif untuk keseluruhan ekosistem bumi.

2. Vladimir Wanouich Veinadsku mengatakan bahwa biosfer adalah sebuah sistem terbuka yang berkembang sejak dimulainya sejarah kehidupan di bumi.

3. John Wiley menyatakan bahwa biosfer merupakan sebuah zona dari planet bumi di mana terdapat kehidupan yang terbentuk secara alami pada lapisan bumi dengan atmosfer yang lebih rendah.