Brilio.net - Dalam kehidupan bermasyarakat terdapat nilai sosial yang dianut. Nilai sosial ini yang dapat mengatur setiap individu dalam berinteraksi dan berhubungan sosial.

Jika diartikan secara umum, nilai sosial adalah standar yang memuat seperangkat perilaku, karakter, dan pikiran yang dianggap masyarakat baik atau benar, serta berfungsi sebagai pedoman hidup dalam bermasyarakat.

Nilai sosial merupakan sikap dan perasaan yang dapat diterima secara luas oleh masyarakat untuk merumuskan sesuatu yang dianggap benar dan penting.

Adanya nilai sosial juga membantu mencapai tujuan dari suatu kelompok masyarakat, misalnya menciptakan kerukunan antar suku, agama, ras, dan lain-lainnya. Maka dari itu, setiap masyarakat perlu menerapkan nilai-nilai sosial dalam kehidupan.

Selain itu, keberadaan nilai sosial juga dapat mengatur semua tindakan, ucapan, hingga tingkah laku setiap individu dalam masyarakat. Sehingga setiap masyarakat mendapatkan hak dan melaksanakan kewajiban dengan adil dan merata.

Nah, untuk memahami lebih lengkap terkait pengertian, karakteristik, dan jenisnya dari nilai sosial, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Kamis (2/6).