Brilio.net - Di era yang serba canggih seperti saat ini, tentunya setiap orang sudah dibekali dengan media yang dapat memudahkan untuk berhubungan atau berkomunikasi. Dengan adanya media dapat memudahkan setiap orang dalam menjalankan suatu aktivitas.

Secara harfiah, media berasal dari bahasa latin 'medius' yang artinya 'perantara' atau 'pengantar'. Selain itu, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), media merupakan alat, sarana komunikasi, perantara, dan penghubung.

Dewasa ini, penggunaan media sangatlah masif. Media dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, persetujuan, dan pengetahuan. Oleh sebab itu, media sangat berperan penting dalam kehidupan, baik itu aspek pendidikan, bisnis, dan seni.

Lebih lanjut, dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, berikut fungsi dan jenisnya dari media, Sabtu (30/4).

Pengertian media.

Media adalah © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Dalam buku yang berjudul "Jurnalistik Dasar" yang ditulis oleh Teddy Khumaedi (2020), berikut pengertian media menurut para ahli.

1. Blake dan Horalsen.

Media adalah saluran komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan antara pemberi pesan (sumber) dengan penerima pesan.

2. Cangara.

Media merupakan alat atau sarana untuk menyampaikan pesan dari komunikator kepada khalayak. Dalam hal ini media yang paling mendominasi dalam berkomunikasi adalah panca indra manusia, seperti mata dan telinga. Pesan yang diterima panca indra kemudian diproses oleh pikiran untuk menentukan reaksi atau sikap, kemudian dinyatakan dalam tindakan.

3. Santoso S. Hamijaya.

Media adalah segala bentuk perantara yang dipakai seseorang untuk menyebarkan ide, agar ide tersebut sampai pada penerimanya.

4. Wilbur Schram.

Media adalah teknologi pembawa pesan. Teknologi ini dimanfaatkan untuk keperluan pembelajaran.

5. Purnawati dan Eldawi.

Media adalah segala sesuatu yang bisa dipakai untuk memberikan pesan yang berasal dari pengirim pesan kepada penerima pesan, sehingga penerima pesan yang diterima dapat mempengaruhi perasaan, pikiran, dan perhatian siswa dan menciptakan kegiatan belajar mengajar.