Brilio.net - Adanya perpindahan atau perubahan dalam strata sosial merupakan hal yang wajar terjadi, baik itu perubahan menuju strata sosial yang lebih tinggi atau mungkin lebih rendah. Karena setiap manusia pasti menginginkan kehidupan yang layak dan lebih baik dari sebelumnya.

Bicara mengenai perubahan atau perpindahan, ini seringkali diartikan sebagai mobilitas sosial. Mobilitas sosial masuk dalam disiplin ilmu sosiologi. Secara umum, pengertian mobilitas sosial adalah perubahan kedudukan warga masyarakat di dalam sebuah kelas sosial yang satu ke kelas sosial lainnya.

Mobilitas sosial juga disebut sebagai gerak sosial yang didefinisikan sebagai perpindahan individu atau kelompok menuju strata yang lebih baik. Misalnya, perpindahan dari satu tempat ke tempat yang lain, perpindahan jabatan satu ke jabatan yang lain, dan lainnya.

Untuk lebih jelasnya, berikut brilio.net rangkum dari berbagai sumber, berikut ulasan mengenai pengertian, jenis, dan faktornya dari mobilitas sosial, Jumat (27/5).