Selain mesin cuci, proses mencuci pakaian juga membutuhkan beberapa bahan pembersih seperti detergen dan pewangi pakaian. Detergen digunakan untuk mengangkat kotoran dan noda yang menempel pada pakaian. Sementara pewangi pakaian berfungsi untuk memberikan aroma wangi dan segar pada pakaian setelah dicuci.

Tapi kamu tahu nggak sih kalau ternyata pakaian yang dicuci bisa tetap wangi meski kamu nggak menggunakan pewangi pakaian saat mencuci? Seorang wanita lewat akun TikTok @ayutriyana tampak membagikan trik agar cucian tetap wangi meski hanya menggunakan detergen.

trik bikin cucian tetap wangi cuma pakai detergen © berbagai sumber

foto: TikTok/@ayutriyana

Caranya, sebelum pakaian direndam dengan detergen, sang pemilik akun merendam pakaian hanya dengan menggunakan air. Pertama, pakaian yang sudah dimasukkan ke dalam mesin cuci diberi air hingga menggenang. Setelah pakaian terendam air, giling pakaian sebentar, lalu buang airnya.

Cara ini dinilai efektif untuk mengangkat sisa kotoran atau debu yang menempel pada pakaian tanpa membuat aroma pakaian menjadi 'apek'. Setelah itu, buang air rendaman pertama. Lalu isi air lagi sampai menggenang.

trik bikin cucian tetap wangi cuma pakai detergen © berbagai sumber

foto: TikTok/@ayutriyana

Rendam pakaian hingga seluruh permukaannya tertutup oleh air. Setelah itu, masukkan detergen untuk mencuci pakaian. Sang pemilik akun TikTok nggak menggunakan pewangi pakaian saat mencuci, tetapi justru menggunakan pewangi pakaian saat menyetrika pakaian.

trik bikin cucian tetap wangi cuma pakai detergen © berbagai sumber

foto: TikTok/@ayutriyana

Selain merendam pakaian dengan air, si pemilik akun TikTok juga menciptakan bubble atau busa saat merendam pakaian agar hasil cuciannya jadi lebih bersih. Caranya dengan menyemprotkan selang air ke dalam rendaman pakaian hingga banyak busa yang terbentuk. Setelah itu, cuci dan bilas pakaian seperti biasa. Hasilnya, pakaian jadi lebih wangi dan bersih. Cukup mudah bukan? Selamat mencoba!

@ayutriyana Tips Supaya Cucian Tetap Wangi Walau Cuma Pake Sabun (berhubung aku juga lagi kurang2in produk kimiawi) . Caranya... 1. Sebelum merendam dengan sabun, bilas dulu pakaian dengan air saja sampai air menggenangi seluruh cucian lalu boleh putar2 cucian sebentar, buang air.. (ini jg berfungsi untuk ilangin najis, debu, bau dll) Percaya deh, cara ini bikin baju lebih bersih dan wangi karena aku udah trial & error cara ini BERKALI2 dan bandingin sama langsung direndam sabun...kalo langsung direndam sabun, hasil cucian suka bau apek...tapi kalo direndam dulu air, hasilnya cucian jadi wangi sabun.. . Terutama buat bunda2 yang punya anak yang lagi aktif2nya dan suka berkeringat, dengan merendam air seperti ini otomatis si air menghilangkan bau keringat dulu di baju anak 2. Setelah buang air bilasan diawal, isi lagi air dan biarin airnya menggenang in si cucian dlu, baru deh masuk deterjen...karena kalo langsung memasukkan deterjen ke baju, nanti jadi keserep wangi sabun nya 3. Bonus hack ala aku, bikin bubble2 busa yang banyak selama mencuci untuk gantiin peran seperti mesin cuci2 mahal yang punya fitur penghasil bubble, berhubung mesin cuciku 2 tabung jadi aku ngide2 lah manual bikin busa sendiri gini and yes cucian jauh lebih bersih ^^ 4. Selanjutnya kalo aku, rendam cucian selama 1jam...bilas 2-3x baru deh di keringin, and tinggal jemur secukupnya (jangan terlalu lama juga nanti baju jadi bau matahari) Semoga bermanfaat :) . #mesincuci #hack #livehack #caracucianwangi #mencuciwangi #mencuci #nyuci #adayinmylife #beberes #rumahtangga #fyp suara asli - Ayu Triyana