Brilio.net - Handuk jadi salah satu benda yang hampir digunakan setiap hari. Benda satu ini biasanya dipakai untuk mengeringkan kulit setelah mandi. Maka dari itu, perlengkapan mandi yang satu ini harus benar-benar dijaga kebersihannya.

Pasalnya, handuk gampang banget lembap dan mudah kotor. Kalau nggak langsung dibersihkan, handuk bisa berjamur.

Handuk berjamur dapat dikenali dari bau yang tidak sedap hingga munculnya bercak-bercak hitam akibat spora jamur. Salah satu jenis jamur yang sering ditemukan pada handuk adalah jamur dermatofit, yang dapat menyebabkan infeksi kulit seperti kurap dan kadas.

Jika sudah terlanjur berjamur, tampilan handuk akan tampak dekil karena warnanya jadi tidak rata. Di sisi lain, daya serap handuk untuk mengeringkan badan juga semakin berkurang.

Nah, untuk mencuci handuk yang terlanjur berjamur, nggak cukup cuma pakai deterjen saja. Sejumlah orang sengaja menambahkan sitrun ke dalam air rendaman handuk. Dilansir dari cleaninginstitute.org, sitrun bisa meluruhkan noda membandel di pakaian, termasuk di handuk.

Sayangnya, penggunaan sitrun terkadang membuat handuk jadi rontok (rusak). Kalau sudah begini, handuk malah nggak bisa dipakai lagi.

Untuk menyiasatinya, kamu bisa meniru cara yang ditunjukkan oleh seorang warganet lewat akun TikTok @alfarizki_2221. Di unggahan videonya, ia cuma mengandalkan dua bahan dapur untuk mencuci handuk yang berjamur. Penasaran bahannya apa?