Brilio.net - Teras adalah salah satu bagian penting dalam menciptakan kesan pertama sebuah rumah. Pasalnya, area ini berfungsi sebagai ruang penerima tamu atau area tunggu sebelum tamu dipersilakan masuk, bersantai, kumpul keluarga, dan lainnya.

Berada di area yang terbuka, pemilik rumah pasti memiliki satu masalah yang selalu terjadi di teras, yakni tumbuhnya lumut. Hal ini karena kondisi lembab dan teduh memberikan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan lumut. Selain licin dan membahayakan, lumut yang biasa tumbuh pada dinding, pagar, atau lantai juga membuat bangunan rumah tidak sedap dipandang.

Nggak mau kan lumut membuat teras rumah jadi terlihat kotor dan jorok? Nah, untuk membersihkan sudut-sudut teras yang lembab, kamu dapat meniru trik yang dibagikan oleh pemilik channel YouTube Jack Story Official.

Sebenarnya cara membersihkan lumut di sudut-sudut rumah yang lembab cukup mudah. Kamu hanya perlu bantuan bahan yang menimbulkan reaksi kimia pada lumut tersebut, yaitu soda kue.

bersihkan lumut di teras rumah © YouTube

bersihkan lumut di teras rumah
YouTube/Jack Story Official

Soda api memiliki sifat basa yang kuat yang bisa melarutkan lumut dan kotoran lainnya. Namun, kamu juga harus berhati-hati dalam menggunakannya karena soda api bisa menyebabkan iritasi kulit atau mata jika terkena secara langsung. Disarankan menggunakan pelindung seperti sarung tangan. 

Jika ingin praktis kamu bisa menggunakan Fugo pembersih lumut organik. Dengan bahan yang ramah lingkungan, kamu bisa menyemprotkan secukupnya ke permukaan yang memungkinkan tumbuhnya jamur. Untuk yang mau mencobanya, kamu bisa klik link di bawah ini.