Siapkan cairan pembersih lantai yang bisa kamu temui di supermarket atau warung terdekat. Jangan lupa wadah, kuas, kape, dan sarung tangan plastik.

"Pada dasarnya porstex ini sama seperti hcl, tapi dia lebih kalem, jadi tidak panas di mata tidak seperti hcl," kata pria dalam video.

bersihkan noda semen di keramik © YouTube

foto: YouTube/Cayhozt stc

Tuangkan cairan pembersih keramik sekitar tiga kali tutup botol cairan pembersih. Lalu sebelum diusap, kerok noda bekas semen menggunakan sekop. Fungsinya untuk mempermudah ketika nanti dibersihkan.

Basahi area keramik yang terkena noda semen menggunakan kuas sembari diusap. Kuaskan terus area tersebut sampai noda semennya terangkat.

bersihkan noda semen di keramik © YouTube

foto: YouTube/Cayhozt stc

"Untuk noda yang memang tebal sekali, saya tetap akan menggunakan alat tambahan adalah kape. Supaya noda semen yang susah tadi cepat diangkat dan memudar," lanjutnya.

Lakukan pengolesan cairan pembersih berkali-kali hingga permukaan keramik tampak bersih. Jika semua noda sudah dibersihkan, siram memakai air mengalir, maka hasilnya akan terlihat.

bersihkan noda semen di keramik © YouTube

foto: YouTube/Cayhozt stc

Video yang diunggah pada tahun 2021 itu suah ditonton lebih dari 220 ribu kali di YouTube. Ratusan respons dari warganet memenuhi kolom komentar.

"Kerjanya rapih. 1-1 keramiknya digarap," puji @caterpillarPresents.

"Tetap semangat mas untuk berbagi, salam kenal," komentar @Masnur77.

"Terimakasih bang informasi nya," ucap @luckyaudriaputra7053.