Brilio.net - Saat menghadiri pernikahan, hal biasa yang disiapkan oleh tamu adalah amplop. Memberikan amplop kepada pengantin adalah budaya yang umum di Indonesia. Budaya ini sudah sejak lama dan masih terus dilestarikan hingga saat ini.

Ada beberapa alasan mengapa budaya ini berkembang di Indonesia. Salah satu alasannya adalah untuk membantu pengantin dan keluarganya dalam mempersiapkan pernikahan. Uang tersebut dapat digunakan untuk menambal kebutuhan pernikahan, seperti pakaian pengantin, makanan, dan dekorasi.

Alasan lain mengapa budaya ini berkembang adalah sebagai bentuk dukungan dan doa kepada pengantin. Dengan memberikan amplop, tamu menunjukkan bahwa mereka turut berbahagia atas pernikahan pengantin dan mendoakan agar pengantin bahagia dan langgeng. Budaya ini juga bisa ditemukan di beberapa negara lain di Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, dan Thailand.

Nah biasanya amplop itu berisi uang kertas. Pertama biar mudah untuk diterima karena tinggal dimasukkan ke sebuah kotak yang disediakan. Uang kertas pun bisa dilipat-lipat sehingga bisa muat banyak.

Namun dalam pernikahan ini, pemberi amplop justru melakukannya dengan cara yang tak biasa. Alih-alih menggunakan uang kertas, pemberi amplop ini malah melakukannya dengan uang koin. Amplop tersebut pun diganti dengan kresek.