Brilio.net - Mahar merupakan salah satu syarat sah nikah. Bentuknya berupa pemberian atau harta yang diberikan oleh pihak laki-laki kepada pihak perempuan. Mahar memiliki makna simbolis dan materiil yang mencerminkan komitmen serius dan tanggung jawab dalam membangun keluarga.

Pentingnya mahar tidak hanya terletak pada nilainya, tetapi juga makna simbolisnya. Mahar mencerminkan rasa hormat, nilai-nilai keluarga dan kepercayaan antara kedua keluarga yang bersatu. Selain itu, mahar juga berfungsi sebagai bentuk jaminan keuangan untuk melindungi kepentingan perempuan, sekaligus sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan ekonomi dari pihak laki-laki.

Sebenarnya mahar tidak dimaksudkan untuk memberatkan laki-laki. Namun, jika ia sanggup memberi dalam jumlah yang fantastis yang tidak masalah juga. Seperti pada nikahan kali ini, kisahnya bisa dilihat lewat video TikTok yang diposting oleh akun @_agussjp26.

Dalam video tersebut memperlihatkan kondisi pernikahan dengan dekorasi penuh putih. Pengantin mengenakan pakaian adat jawa berwarna hitam. Dari awal langsung ada mobil Pajero sport berwarna putih masuk ke dalam tenda.

nikah mahar fantantis © TikTok

foto: TikTok/@_agusjp26

Diketahui bahwa mobil Pajero tersebut diserahkan sebagai mahar kepada pihak wanita. Tak hanya itu, pria tersebut juga memberi sebuah motor vespa matic. Motor tersebut masih bertengger di atas mobil pick up berwarna putih. Tak berhenti di situ, ternyata masih ada satu bentuk mahar lagi yang diperlihatkan, yaitu seekor sapi yang masih di dalam bak truk.

nikah mahar fantantis © TikTok

foto: TikTok/@_agusjp26