Brilio.net - Langit cerah menghiasi malam di jalan Malioboro, salah satu ikon wisata paling populer di kota Yogyakarta. Para turis baik lokal dan internasional berlalu-lalang sepanjang jalan menikmati suasana malam yang syahdu.

Sepanjang jalan, para turis sibuk dengan kegiatannya masing-masing. Ada yang berbelanja oleh-oleh, ada yang sibuk menawar harga untuk menaiki andong, jajan sate lontong, menikmati penampilan pengamen, menjepret foto, merekam video, atau sekadar berjalan menikmati suasana.

Di tengah riuhnya suasana sepanjang Malioboro, tepat di depan gedung Kepatihan yang tak lain adalah Kantor Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, tampak ada pemandangan yang tak biasa. Saat kebanyakan turis sibuk dengan aktivitas hiburan, ada seorang turis yang malah lesehan dan tampak khusuk menunduk.

Di tangannya, tampak sebuah komik bergambar dipegang dan dibaca. Seperti lupa dengan keriuhan yang ada di Malioboro, turis yang umurnya masih bocah ini tampak tenggelam dalam bacaannya.

Perpustakaan bergerak malioboro Brilio

foto: Brilio/Ikhlas Alfaridzi

Beberapa meter tak jauh dari tempat sang bocah, tampak sebuah lapak dengan kotak yang diikat di buntut sepeda bertuliskan "Perpustakaan Bergerak Girli Malioboro".