Brilio.net - Gubernur DIY, Sri Sultan HB X secara resmi membuka pengunaan gedung perpustakaan Grhatama Pustaka, Senin (21/12). Gedung perpustakaan yang berlokasi di Jalan Janti Banguntapan, Bantul, Yogyakarta ini menelan dana Rp 72,5 miliar yang diambil dari APBD DIY.

Nama Grhatama Pustaka adalah nama yang dipilih oleh Gubernur DIY Sri Sultan HB X, yang artinya tempat untuk belajar. Sultan berharap pembangunan gedung perpustakaan ini nantinya akan meningkat animo membaca masyarakat.

"Semakin tinggi budaya membaca masyarakat maka semakin tinggi pula tingkat peradaban suatu bangsa," ujar Sultan.

Wow! Perpustakaan dengan bioskop 6D ini resmi dibuka oleh Sri Sultanfoto: brilio/andry

Fasilitas dari gedung perpustakaan seluas 2,4 hektare ini terbilang cukup lengkap. Selain memiliki ribuan koleksi buku umum, juga terdapat koleksi buku dan naskah langka, koleksi buku braile, ruang dongeng anak, ruang musik anak, ruang seminar, dan ruang internasional. Menariknya lagi, terdapat sebuah bioskop 6D yang siap dinikmati oleh para pengunjung.

Loading...

Pengunjung nantinya dapat merasakan sensasi menikmati bioskop 6D. Saat film diputar, kelima pancaindra penonton akan diajak menikmati efek adegan demi adegan dalam film. Pengunjung bisa merasakan hembusan angin, kucuran air, dan suara gemericik air sehingga seperti benar-benar berada dalam adegan film.

Wow! Perpustakaan dengan bioskop 6D ini resmi dibuka oleh Sri Sultanfoto: brilio/andry

Istimewanya lagi film-film dalam bioskop 6D ini bisa dinikmati secara cuma-cuma alias gratis. Bioskop ini nantinya beroperasi empat jam dalam sehari, dengan kursi yang disediakan sejumlah 12 tempat duduk.

Pengunjung yang ingin segera mencoba perpustakaan ini sepertinya harus sedikit bersabar. Pasalnya, setelah peresmian perpustakaan ini akan ditata ulang sampai benar-benar terbuka untuk umum pada tanggal 4 Januari 2016 nanti.