Brilio.net - Demi menjaga kepuasaan para pembacanya, perpustakaan Kota Jogja mengeluarkan layanan unik yang diberi nama layanan Mulan Jamila! Lalu, apakah layanan Mulan Jamila itu sebenarnya?

Layanan terbaru milik perpustakaan Kota Jogja itu adalah layanan untuk mengantarkan buku kepada para pembaca. 'Mulan Jamila' sendiri adalah singkatan dengan memiliki arti Mengantarkan bUku andaLAN JAMinan kepuasan LAyanan.

"Singkatannya memang agak maksa, tapi itu maksudnya biar mudah didengar dan mudah diingat," ujar Wahyu Hedratmoko, Kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta kepada brilio.net Senin (25/5).

Layanan tersebut akan diluncurkan pada pertengahan bulan Juli tahun 2015 ini tepatnya setelah hari raya Lebaran. Wahyu juga mengungkapkan, hal ini dilakukan karena saat ini minat mengunjungi perpustakaan sangat besar sehingga keterbatasan tempat menjadi kendala.

"Perlu dilakukan terobosan layanan guna memecah keramaian pengunjung dengan memberikan apa yang mereka butuhkan yaitu peminjaman buku," lanjut Wahyu.

Namun layanan ini hanya dikhususkan bagi anggota Perpustakaan Daerah Kota Yogyakarta saja karena petugas perlu memastikan agar buku yang dipinjam tidak hilang. Maksimal peminjaman buku juga disesuaikan dengan aturan perpustakaan yaitu dua buku dengan batas waktu peminjaman satu minggu dan bisa diperpanjang.

Bagi anggota yang ingin buku pinjamannya diantar, maka mereka bisa berinteraksi secara online dengan petugas untuk menentukan waktu pengiriman.

Sedangkan mengenai sumber daya manusia untuk melakukan layanan pengantaran buku, Wahyu memastikan bahwa jumlah petugas di perpustakaan mencukupi karena akan memanfaatkan waktu-waktu kosong yang ada.

"Ini semua demi menjaga kepuasan para pembaca, minat baca semakin besar tentunya harus didukung kan," pungkasnya.