Brilio.net - Ketika ada kemauan, di situ ada jalan. Saat dilanda keterbatasan ekonomi, bekerja menjadi salah satu jalan bagi mereka, agar tetap bisa mengenyam bangku pendidikan tinggi.

Seperti yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) bernama Kharisma Intan Azradiva (Azra). Mahasiswi asal Magelang ini menekuni bidang Ilmu Komunikasi. Ia merupakan salah satu mahasiswa yang lolos Seleksi Nilai Masuk Perguruan Tinggi (SNMPTN) pada tahun 2021.

Lolos masuk ke universitas impian melalui jalur spesial, Azra mulai menjalani kehidupannya di Kota Yogyakarta pada tahun 2022 silam, walau sebenarnya ia sudah mulai kuliah di tahun 2021. Akan tetapi saat itu masyarakat tengah mengalami kondisi maraknya COVID-19, yang membuat semua pembelajaran dijalankan secara daring.

kisah inspiratif mahasiswa uny kuliah kumpulkan cuan dari buket bunga © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@craftieee.id

Saat Azra memulai hidupnya menjadi mahasiswa perantauan di Kota Yogyakarta, ia tengah menghadapi permasalahan ekonomi keluarga. Kondisi itu membuatnya tak sampai hati untuk meminta uang saku kepada kedua orang tuanya. Hal tersebut membuat Azra berusaha mencari perkerjaan paruh waktu yang dapat ia kerjakan di sela-sela perkuliahan.

"Akhirnya kepikiran nih, saya harus memulai suatu bisnis yang dapat ia kerjakan sewaktu-waktu tanpa mengganggu perkuliahan, " kata Azra saat dijumpai beberapa waktu lalu.

kisah inspiratif mahasiswa uny kuliah kumpulkan cuan dari buket bunga © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@craftieee.id

Setelah berpikir panjang, akhirnya bisnis buket menjadi solusi yanag terpikirkan oleh Azra. Ide awal bisnis ini terpikirkan oleh Azra karena ia dulu sempat berkerja di salah satu toko buket yang cukup terkenal di Kota Magelang.

"Saat mengajukan resign, owner dari toko memberikan usul kepada saya untuk menjalankan bisnis buket ini sendiri. Lagipula si owner menganggap bahwa saya mampu untuk berdiri sendiri. Inilah yang menjadi inspirasi azra untuk membuat bisnis buket sendiri, " jelasnya.

Alasan lainnya, ia menganggap bisnis ini bisa terus berjalan nggak lekang waktu, mengingat lingkungan di sekitar mayoritas mahasiswa. Selain itu, ia cukup tertarik dengan bisnis prakarya ini karena dianggapnya buket adalah salah satu kado yang bisa membuat orang menjadi bahagia. Ia senang jika karyanya menjadi salah satu perantara untuk membuat orang lain bahagia.

"Kebetulan lingkungan juga mayoritas mahasiswa, rumah dekat dengan kampus jadinya ada kemungkinan bisnis ini terus berjalan tanpa dimakan zaman. Selain itu, seneng juga sih sama kreasi-kreasi bunga, dan buket ini kan masuknya ke ranah kado, jadi ya sudah pasti kado itu bisa bikin kesan "bahagia" dan "momen", seneng kalo lihat orang lain seneng apalagi karyaku jadi perantaranya," ungkapnya.

kisah inspiratif mahasiswa uny kuliah kumpulkan cuan dari buket bunga © 2023 brilio.net

foto: Instagram/@craftieee.id