Brilio.net -  Keberagaman menjadi salah satu hal yang tidak asing lagi dalam kehidupan sehari-hari. Karena dimanapun berada baik manusia, tempat, perilaku, dan sebagainya pasti memiliki perbedaan, hal ini yang sering disebut dengan keragaman. Keragaman berasal dari kata ragam, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), ragam memiliki arti sikap, tingkah laku, cara, macam, jenis.

Keberagaman dimaknai dengan kondisi di masyarakat yang memiliki bermacam-macam perbedaan dalam berbagai bidang. Bidang perbedaan ini dapat meliputi suku, agama, ras, kebiasaan, adat, norma, dan lain sebagainya. Adanya perubahan tersebut dampak dari perkembangan pola pikir masyarakat yang selalu berubah sesuai zaman.

Di Indonesia keberagaman sangatlah beraneka macam, hal inilah yang menjadi suatu identitas bangsa dan ciri khas. Banyak faktor yang menjadikan keberagaman terjadi di kehidupan manusia.

Keberagaman menjadi suatu kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari, sehingga pada akhirnya menjadi adat dan budaya masyarakat. Maka dari itu, keberagaman tidak dapat dipisahkan dalam masyarakat multikultural.

Untuk lebih memahami mengenai faktor penyebab terbentuknya keberagaman, berikut telah brilio.net rangkum dari berabagi sumber pada Selasa (7/6).

Pengertian Keberagaman.

Keberagaman adalah menerima perbedaan © 2022 berbagai sumber

foto: freepik.com

Keberagaman atau diversity dalam pengertian secara umum sebagai pernyataan bervariasi dan mengacu pada perbedaan. Adapun pengertian keberagaman menurut para ahli, diantaranya sebagai berikut.

1. Frederick Miller dan Judith Katz.

Berpendapat bahwa keberagaman merupakan identitas sosial kelompok yang meliputi suatu organisasi.

2. Gibson, Ivancevich, dan Donnelly.

Berpandangan bahwa keberagaman adalah perbedaan fisik dan budaya yang sangat luas yang menunjukan aneka macam perbedaan manusia.

3. Roosevelt Thomas.

Keberagaman dapat terjadi dalam berbagai cara, tidak hanya berupa ras dan gender, tetapi juga umur, orientasi seksual, latar belakang pendidikan dan asal geografis.