Brilio.net - Twitter bisa dikatakan sebagai pionir media sosial yang popularitasnya masih bertahan sampai sekarang. Ada saja alasan para pengguna untuk bertahan menggunakan Twitter, padahal hype Instagram dan Facebook jauh lebih besar. Banyak yang mengatakan Twitter lebih memberikan informasi bermanfaat dan sangat simpel, sehingga pengguna nyaman menggunakannya.

Media sosial yang dibangun oleh Williams bersama Noah Glass, Biz Stone, dan Jack Dorsey pada 2006 di San Francisco, Amerika Serikat ini memang cukup mengagumkan sampai sekarang. Ada banyak keunggulannya yang menarik perhatian pengguna. Namun ada satu hal yang selalu diinginkan oleh penggunanya namun belum terwujud hingga sekarang, yakni sebuah fitur edit tweet.

Dilansir brilio.net dari liputan6.com,  perusahaan Twitter selalu mengelak dan menyebut, sangat mempertimbangkan matang-matang untuk merilis fitur edit tweet atau tidak. Namun pengguna terus mendesak agar pihak Twitter mau menghadirkan fitur edit tweet tersebut. Melihat keinginan pengguna tentang hal itu begitu besar, CEO Twitter Jack Dorsey sendiri memberi jawaban pasti tentang fitur tersebut.

Dalam sebuah wawancara dengan Wired, Dorsey ditanya mengenai tombol edit untuk Twitter di tahun 2020.

"Jawabannya adalah tidak," kata Jack Dorsey, dilansir dari liputan6.com yang merangkum dari The Verge, Selasa (21/1).

Jawaban CEO Twitter tersebut jelas mengejutkan, namun di balik penolakan tersebut ada alasan kuat yang diberikan oleh pihak Twitter. Pertama mereka akan memprioritaskan kehadiran fitur lainnya. Yang kedua terjawab dari Product Lead Twitter Kayvon Bykpour sempat ditanya mengenai hal ini beberapa waktu lalu.

"Sejujurnya, (tombol edit) merupakan sebuah fitur yang perlu dikembangkan di beberapa titik. Namun, fitur ini tidak dalam prioritas kami," katanya.

Dorsey sendiri berdalih, tidak dibuatnya tombol edit mengakar pada fungsi asli Twitter.

"Kami mulai sebagai SMS, layanan pesan teks. Dan seperti diketahui, ketika Anda mengirim pesan, Anda tidak bisa menariknya kembali," kata Dorsey.

Tak hanya itu, alasan mereka tidak ingin membuat fitur edit tweet adalah ingin mempertahankan desain lama yang sudah dirintis dan dibangun sejak dulu. Meski begitu, bos Twitter ini tidak memungkiri ada juga fungsi dari tombol edit. Misalnya memperbaiki salah ketik tweet yang telah diunggah. Namun, ia sadar, pengeditan tweet yang sudah diunggah bisa menciptakan informasi keliru.

"Ini merupakan hal-hal yang kami. Tapi, kami kemungkinan tidak akan menghadirkan (tombol edit)" katanya.

Jadi sudah jelas, pengguna Twitter tidak bisa melakukan edit tweet, jadi disarankan kamu untuk lebih berhati-hati dan teliti ketika hendak mengunggah cuitan, hal ini agar tidak terjadi kekeliruan dan salah paham pada beberapa pihak. Seperti yang diketahui, terkadang orang salah menafsir apa yang kita sampaikan di media sosial.

Loading...
2 dari 2 halaman



Fitur keren Twitter yang jarang diketahui.

Meski Twitter tidak menghadirkan edit tweet, bukan berarti Twitter menjadi ketinggalan zaman. Ada beberapa fitur menarik lainnya dari Twitter yang mungkin belum banyak diketahui orang. Nah apa saja? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Selasa (21/1).

1. Kolase foto di Twitter.

Twitter kini sudah bisa mengunggah beberapa foto menjadi sebuah kolase. Kamu hanya perlu klik 'Add More' ketika kamu mengunggah gambar, maka kolase akan ditampilkan secara otomatis. Jika diklik, maka foto-foto tersebut akan ditampilkan secara terpisah.

2. Tweet dengan SMS.

Twitter terkadang digunakan dalam berbagai hal, seperti bisnis dan sebagainya. Tentunya Twitter sangat penting jika seseorang harus menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Twitter menawarkan solusi menarik saat kamu kehabisan kuota atau tidak menemukan sambungan internet, di mana kamu tetap bisa ngetweet lewat SMS.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, kamu perlu melakukan beberapa pengaturan dulu dari peramban komputer. Caranya, masuk ke menu 'Setting', pilih 'Mobile' lalu tinggal tambahkan nomor telepon yang akan kamu gunakan untuk ngetweet. Setelah itu, kamu bisa mengatur notifikasi apa saja yang masuk melalui SMS ke ponsel.

3.  Tag teman.

Twitter memiliki jumlah karakter tweet yang terbatas. Sehingga hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi penggunanya, terlebih jika ingin mention seseorang. Sebab, tambahan kata bisa memangkas batas maksimal karakter.

Namun masalah itu sekarang ini sudah bisa diatasi. Kamu bisa menyiasatinya dengan menandai atau tag teman ke dalam foto atau video yang diunggah, tanpa menggunakan karakter.

Caranya, kamu hanya perlu klik fitur 'Who's in this photo?' yang ada di versi Twitter terbaru saat ini. Fitur ini sudah bisa digunakan pada perangkat Android, iPhone, maupun PC.

4. Mengenang tweet lama.

Di Twitter kamu bisa mengenang tweet-tweet lama kamu. Kamu bisa mengunduh dan membaca ulang semua tweet lama kamu melalui format HTML document.

Cara untuk mengarsipkan semua tweet kamu, cukup masuk ke menu 'Setting'. Kemudian pilih 'Account'. Lalu klik 'Request Your Archive'. Nantinya sebuah tautan untuk mengunduh semua tweet kamu akan dikirimkan melalui email.

5. Grafik aktivitas di Twitter.

Kamu bisa melihat sejumlah data penting seperti mengukur seberapa tertarik follower kamu dengan tweet yang telah dibuat. Caranya dengan menggunakan grafis.

Untuk menggunakannya kamu hanya perlu mengunjungi laman analytics.twitter.com setelah login di Twitter. Datanya juga bisa kamu simpan dengan format CSV.