Brilio.net - Era digital sekarang ini menuntut seseorang untuk memiliki banyak informasi. Hingga akhirnya berkembanglah media sosial yang bisa memberikan banyak informasi kepada si penggunanya. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter dan beberapa lainnya lagi. Salah satu yang masih eksis sampai sekarang ini adalah Twitter.

Twitter bisa dikatakan sebagai pionir media sosial yang popularitasnya masih bertahan sampai sekarang. Ada saja alasan para pengguna setia bertahan di Twitter, padahal hype Instagram dan Facebook jauh lebih besar. Banyak yang mengatakan Twitter lebih memberikan informasi bermanfaat dan sangat simpel, sehingga pengguna nyaman menggunakannya.

Media sosial dibangun oleh Williams bersama Noah Glass, Biz Stone, dan Jack Dorsey pada 2006 di San Francisco, Amerika Serikat ini memang cukup mengagumkan sampai sekarang. Ada banyak keunggulannya yang menarik perhatian penggunanya.

Tidak hanya kolom tweet dan timeline yang sudah biasa kamu temukan di Twitter. Sebagai platform yang masih banyak diminati, Twitter ternyata memiliki fitur-fitur bermanfaat yang masih belum banyak diketahui penggunanya.

Apa saja fitur-fitur tersebut? Berikut lansiran brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (16/1).

Loading...

1. Kolase foto di Twitter.

fitur tersembunyi Twitter yang canggih abis Istimewa

foto: coolmomtech.com

Twitter kini sudah bisa mengunggah beberapa foto menjadi sebuah kolase. Kamu hanya perlu klik 'Add More' ketika kamu mengunggah gambar, maka kolase akan ditampilkan secara otomatis. Jika diklik, maka foto-foto tersebut akan ditampilkan secara terpisah.

2. Tweet dengan SMS.

fitur tersembunyi Twitter yang canggih abis Istimewa

foto: pixabay.com

Twitter terkadang digunakan dalam berbagai hal, seperti bisnis dan sebagainya. Tentunya Twitter sangat penting jika seseorang harus menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Twitter menawarkan solusi menarik saat kamu kehabisan kuota atau tidak menemukan sambungan internet, di mana kamu tetap bisa ngetweet lewat SMS.

Untuk bisa menggunakan fitur ini, kamu perlu melakukan beberapa pengaturan dulu dari peramban komputer. Caranya, masuk ke menu 'Setting', pilih 'Mobile' lalu tinggal tambahkan nomor telepon yang akan kamu gunakan untuk ngetweet. Setelah itu, kamu bisa mengatur notifikasi apa saja yang masuk melalui SMS ke ponsel.

3. Tag teman.

fitur tersembunyi Twitter yang canggih abis Istimewa

foto: time.com

Twitter memiliki jumlah karakter tweet yang terbatas. Sehingga. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi penggunanya, terlebih jika ingin mention seseorang. Sebab, ini akan memangkas batas maksimal karakter.

Namun masalah itu sekarang ini sudah bisa diatasi. Kamu bisa menyiasatinya dengan menandai atau tag teman ke dalam foto atau video yang diunggah, tanpa meggunakan karakter.

Caranya, kamu hanya perlu klik fitur 'Who's in this photo?' yang ada di versi Twitter terbaru saat ini. Fitur ini sudah bisa digunakan pada perangkat Android, iPhone, maupun PC.

4. Mengenang tweet lama.

fitur tersembunyi Twitter yang canggih abis Istimewa

foto: pixabay.com

Di Twitter kamu bisa mengenang tweet-tweet lama kamu. Kamu bisa mengunduh dan membaca ulang semua tweet lama kamu melalui format HTML document.

Cara untuk mengarsipkan semua tweet kamu, cukup masuk ke menu 'Setting'. Kemudian pilih 'Account'. Lalu klik 'Request Your Archive'. Nantinya sebuah tautan untuk mengunduh semua tweet kamu akan dikirimkan melalui email.

5. Grafik aktivitas di Twitter.

fitur tersembunyi Twitter yang canggih abis Istimewa

foto: searchenginejournal.com

Kamu bisa melihat sejumlah data penting seperti mengukur seberapa tertarik follower kamu dengan tweet yang telah dibuat. Caranya dengan menggunakan grafis.

Untuk menggunakannya kamu hanya perlu mengunjungi laman analytics.twitter.com setelah login di Twitter. Datanya juga bisa kamu simpan dengan format CSV.

Cara menghapus tweet lama menggunakan Tweeteraser.

Dilansir dari liputan6.com, situs Tweeteraser sudah cukup populer sebagai penghapus kicauan Twitter secara massal. Situs ini memungkinkan kamu untuk menghapus kicauan yang pernah kamu buat. Kamu dapat menghapus semua atau menyaring dulu kicauan apa saja yang ingin dihapus.

Berikut caranya:

- Pertama masuk pada situs www.tweeteraser.com

- Masuk pada akun Twitter kamu melalui opsi Sign In with Twitter kemudian masuk dengan username dan password Twitter kamu seperti biasa

- Setelah itu layar akan menampilkan data kicauan kamu mulai dari pertama kamu berkicau hingga saat ini

- Untuk menghapus kicauan lama, kamu dapat mengatur tanggal kicauan dibuat, mulai yang terlama hingga terbaru atau sebaliknya

- Centang kicauan lama yang ingin kamu hapus dan pilih 'delete tweets' lalu pilih opsi 'selected tweet only' dan klik delete now

- Jika kamu ingin menghapus seluruh kicauan sekaligus, pilih 'delete tweets' lalu pilih opsi 'found tweets' yang ada tepat di bawah opsi 'selected tweet only' dan klik delete now.