Brilio.net - Di era digital yang sedang berkembang pesat seperti sekarang ini, menuntut seseorang untuk memiliki banyak informasi. Hingga akhirnya berkembanglah media sosial yang bisa memberikan banyak informasi kepada si penggunanya. Mulai dari Facebook, Instagram, Twitter dan beberapa lainnya lagi.

Salah satu yang masih eksis hingga saat ini adalah Twitter. Twitter bisa dibilang salah satu pionir media sosial yang popularitasnya masih bertahan sampai sekarang. Ada saja alasan para pengguna setia bertahan di Twitter padahal hype Instagram dan Facebook jauh lebih besar.

Twitter pertama kali didirikan oleh Williams bersama Noah Glass, Biz Stone, dan Jack Dorsey pada 2006 di San Francisco, Amerika Serikat. Meski bermunculan media sosial lainnya, Twitter ternyata masih memiliki kenggulan tersendiri.

Twitter tergolong layanan jejaring sosial mikroblog berbasis teks 140 karakter yang disebut tweets. Walaupun jumlah pengguna Twitter masih tertinggal jauh dari pengguna Instagram dan Facebook. Namun Twitter tetap menjadi andalan bagi mereka pencinta media sosial.

Saking banyaknya media sosial yang bermunculan serta berbagai persoalan yang yang diciptakan oleh si pendirinya membuat orang mulai membandingkan antara Instagram dan Twitter. Bahkan tak sedikit yang dari pengguna Instagram hijrah ke Twitter.

Loading...

Tak sedikit pula warganet menyebutkan keunggulan Twitter dibandingkan Instagram. Bagi mereka, komentar pengguna Twitter dianggap lebih sopan jika dibandingkan dengan warganet di Instagram.

Lalu apa sih keunggulan Twitter dibandingkan dengan Instagram? Berikut rangkumannya yang dilansir brilio.net dari berbagai sumber, Kamis (19/12).

1. Hemat kuota.

Keunggulan Twitter dibandingkan Instagram Istimewa

foto: Twitter/@kaesangp dan @alfarizhi8

Salah satu yang membuat orang merasa nyaman menggunakan Twitter karena hemat kuota. Tak hanya itu saja, menurut warganet, Twitter tidak membedakan orang miskin dan kaya. Karena untuk menggunakan Twitter tidak perlu HP bagus dengan kamera kece.

"Pengguna instagram tidak ada orang misqin. Karena harus punya hp dgn kamera bagus baut upload foto. Harus punya duit buat jalan2 lalu diambil fotonya. Twitter hanya modal ngebacot," tulis akun @alfarizhi8.

2. Twitter memperlihatkan trending.

Keunggulan Twitter dibandingkan Instagram Istimewa

foto: businessinsider.sg

Kalau yang satu ini memang sudah menjadi ciri khas dari Twitter. Setiap hari kita bisa melihat trending apa hari ini atau apa yang sedang ramai diperbincangkan publik. Menariknya lagi, trending di Twitter diatur sesuai dengan negara kita masing-masing. Jadi bisa dikatakan Twitter selalu meng-update hal-hal baru.

3. Tampilan sederhana.

Keunggulan Twitter dibandingkan Instagram Istimewa

foto: businessinsider.sg

Seperti yang kita ketahui Twitter merupakan media sosial yang memiliki tampilan minimalis denhan fitur yang simple, hal ini menjadi daya tarik tersendiri bagi penggunanya. Twitter lebih mementingkan komunikasi daripada jejaring sosial lainya.

Tak heran nih banyak dari masyarakat Indonesia terutama bagi mereka yang sudah di atas usia remaja lebih nyaman menggunakan Twitter karena informasi yang diserap lebih banyak dan bermanfaat.

4. Twitter membuat mental seseorang lebih sehat.

Keunggulan Twitter dibandingkan Instagram Istimewa

foto: youtube.com

Jika dibandingkan dengan Instagram atau media sosial lainnya. Twitter menampilkan hal-hal sederhana, bukan dari gaya hidup seseorang. Menariknya lagi, kamu juga bisa membisukan cuitan following-mu yang kamu anggap toxic.

Di Twitter, pengguna tidak perlu pusing memikirkan feed seperti di Instagram. Twitter adalah media sosial yang cukup menjadi obat pengguna untuk mengusir penat dan tetap sehat mental dengan berbagai fitur yang disediakan.

5. Twitter dianggap lebih sopan.

Keunggulan Twitter dibandingkan Instagram Istimewa

foto: Twitter/@faridafaridada

Sebagian besar warganet mengatakan bahwa Twitter dianggap lebih sopan. Pasalnya komentar orang di beberapa media sosial lainnya, termasuk Instagram, bisa membuat orang lain minder dan sakit hati.

"Inilah mengapa alasanku pindah dari instagram ke twitter dan buat akun twitter lagi setelah yang lama tutup akun permanen. Kejam. Yang cuma bisa lihat komennya aja sakit hati, apalagi orangnya langsung. Padahal mah dunia indah banget kalo saling menghormati dan menghargai," ujar @faridafaridada.

6. Background bisa diganti.

Keunggulan Twitter dibandingkan Instagram Istimewa

foto: 9to5mac.com

Twitter memiliki keunggulan lainnya yakni memberikan kebebasan pada penggunanya untuk mengganti background tampilan Twitter sesuka hati. Dengan begini sudah bisa dipastikan pengguna tidak akan merasa bosan saat menggunakan Twitter.

Meski memiliki banyak kelebihan, namun ada pula kelemahan dari Twitter. Salah satunya adalah, kurangnya hiburan. Tak heran jika pengguna Twitter hanya sebatas remaja hingga orang dewasa.

Ada salah satu hal yang membuat Twitter tak sepopuler Instagram dan Facebook adalah pengguaannya yang terbilang rumit. Tidak semua anggota baru twitter langsung mengerti semua cara penggunaan Twitter. Pasalnya terdapat istilah atau kata-kata asing di Twitter yang sedikit sulit untuk dipahami, seperti retweet, favorit, mention dan lain-lain.

Bagi mereka yang tidak sering memainkan Twitter akan sangat sulit untuk memahami bahasa-bahasa asing tersebut.