Brilio.net - Aplikasi Instagram kini nggak hanya sebagai aplikasi foto saja. Namun aplikasi ini sudah menjadi salah satu aplikasi media sosial yang digunakan dalam berbagai hal. Tak hanya itu aplikasi ini menjadi hits di berbagai kalangan karena cara menggunakannya yang mudah sehingga digemari banyak orang di seluruh dunia.

Seperti salah satunya untuk mempromosikan bisnis, mencari lowongan pekerjaan, informasi pendidikan, hingga hiburan bisa kamu dapatkan. Dengan bebas kamu juga bisa scrolling timeline, misalnya pada akun penyedia informasi kerja. Sedangkan bagi kamu yang ingin mencari informasi mengenai beasiswa ataupun pendidikan di Instagram ini juga tersedia. Bahkan informasi berita terupdate baik di Tanah Air maupun di mancanegara dapat kamu pantau hanya melalui aplikasi Instagram ini.

Ya, dulunya Instagram memang hanya bisa digunakan untuk upload gambar dan video dengan durasi sangat pendek. Tetapi saat ini kamu bisa mengupload hingga beberapa video dangan durasi yang lumayan panjang. Bahkan kamu juga bisa mengunggahnya melalui fitur IGTV atau Instagram Story. Diketahui Instagram memang selalu memperbarui fitur-fitur aplikasinya setiap saat, namun hal ini jarang diketahui secara langsung oleh pengguna.

Nah berikut sembilan trik rahasia Instagram yang wajib kamu tahu, biar kekinian brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (17/12)

1. Mendapat notifikasi dari orang favorit.

 9 Trik rahasia Instagram yang wajib kamu tahu, biar kekinian freepik.com

foto: pixabay

Kamu yang sedang mengikuti informasi dari salah satu akun di Instagram, pasti nggak ingin kan ketinggalan postingan terbarunya? Sayangnya kadang terlewat karena banyak yang nggak tahu kalau bisa menghidupkan notifikasi dari akun orang favorit.

Caranya cukup mudah kamu bisa klik titik tiga pada postingan akun yang ingin kamu ikuti, kemudian pilih Turn on Post Notification. Cara lainnya kamu juga bisa masuk ke dalam profil akut tersebut, selanjutnya klik titik tiga yang ada di sudut kanan atas. Lalu pilih Manage Notification.

2. Menambahkan font khusus pada bio.

 9 Trik rahasia Instagram yang wajib kamu tahu, biar kekinian freepik.com

foto: freepik.com

Salah satu cara yang membuat Instagram kamu menarik adalah dengan menambahkan font khusus pada bio kamu. Selain itu kamu juga bisa menambahkan emoji di kolom bio. Tetapi terkadang keyboard di smartphone kamu memiliki keterbatasan jenis karakter dan font yang bisa menghambat dalam berkreativitas. Dengan menggunakan aplikasi pihak ketiga kamu bisa menyalin beberapa font khusus.

Untuk menambahkan font khusus ke bio Instagram langsung lewat ponsel maupun melalui PC. Caranya pun mudah dengan mengunjungi situs http://lingojam.com/FontsForInstagram. Lalu ketik bio Instagram yang kamu inginkan pada kolom bagian atas.

Selanjutnya di bawahnya kamu akan menemukan teks bio Instagram dengan pilihan font khusus. Kamu bisa memilih salah satu lalu salin dengan menggunakan pilihan copy atau salin. Setelah itu buka akun Instagram dan lakukan penyuntingan di bio Instagram. Tempelkan salinan teks yang telah kamu salin tadi.

3. Mencari nama pengguna tanpa harus Log in.

 9 Trik rahasia Instagram yang wajib kamu tahu, biar kekinian freepik.com

foto: pixabay

Meskipun setiap orang kini memiliki akun pribadi masing-masing, namun ketika kamu ingin mencari akun seseorang, kamu nggak perlu repot-repot harus login ke Instagram sendiri. Lalu gimana caranya? Pertama kamu bisa mencari pengguna dengan menggunakan, nama pengguna Instagram dengan nama yang sudah kamu kenal sebelumnya. Lalu tambahkan ke URL "www.instagram.com/." Misalnya www.instagram.com/brilionet. Cara tersebut akan membawa kamu ke akun Instagram brilionet.

Trik keduanya kamu bisa membuka melalui mesin pencari google. Tuliskan "site:instagram.com(nama pengguna)". Setelah itu kamu akan mendapatkan akun yang kamu cari.

4. Menjadikan Instagram sebagai foto editor.

 9 Trik rahasia Instagram yang wajib kamu tahu, biar kekinian freepik.com

foto: freepik.com

Biasanya sebelum mengunggah foto di Instagram kamu bisa melakukan proses editing terlebih dahulu. Di Instagram sudah terdapat beberapa filter yang bisa mempercantik foto kamu. Tetapi kalau kamu ingin mengedit foto yang nantinya tidak akan di-upload di Instagram, kamu bisa pilih Save Original Photo, pada bagian pengaturan Instagram kamu. Setelah itu aktifkan mode pesawat di ponselmu, dan ikuti tahapan-tahapan mengunggah foto seperti biasa. Pilih filter favoritmu kemudian bagikan atau share.

5. Stalking Instagram orang tanpa khawatir kepencet tombol like.

 9 Trik rahasia Instagram yang wajib kamu tahu, biar kekinian freepik.com

foto: freepik.com

Bagi kamu yang hobi stalking idola atau gebetan, trik yang satu ini mungkin bisa kamu coba nih. Nggak inginkan ketahuan si doi lantaran bolak-balik buka fotonya dan nggak sengaja kepencet tombol likenya. Yups bisa-bisa ketahuan dan dianggap stalker oleh si pemilik akun, jadi sangat memalukan bukan? Jangan khawatir, cara berikut bisa kamu coba yaitu dengan cara buka akun Instagram yang akan kamu lihat foto-fotonya. Kemudian ubah mode ponselmu dengan mode pesawat atau airplane mode. Dengan ponsel yang distel mode pesawat maka tak ada akses internet yang tersambung. Hal ini sedikit rumit namun bisa meminimalisasi kesalahan saat stalking.

6. Menjadwalkan postingan Instagram.

 9 Trik rahasia Instagram yang wajib kamu tahu, biar kekinian freepik.com

foto: freepik.com

Bagi kamu yang hobi dan sering posting feeed Instagram, mungkin kamu butuh aplikasi untuk menjadwalkan postingan di Instagrammu. Ada beberapa aplikasi yang bisa kamu gunakan, seperti Buffer dan Planoly. Tetapi syaratnya akun Instagrammu haru diubah dahulu menjadi business profile.

7. Menyembunyikan komentar spam.

 9 Trik rahasia Instagram yang wajib kamu tahu, biar kekinian freepik.com

foto: freepik.com

Terkadang banyak akun promosi yang ikut mengomentari dan memenuhi badan komen Instagrammu. Misalnya saja akun obat diet atau pelangsing. Kamu bisa menggunakan fitur Filter Comments. Caranya yaitu dengan mengaktifkannya, pertama buka Option, Account, Privacy abd Security, kemudian pilih Comments. Nah, setelah itu kamu bisa masukin kata-kata yang kurang berkenan, misal obat pelangsing atau yang lainnya.

8. Menghilangkan histori pencarian.

 9 Trik rahasia Instagram yang wajib kamu tahu, biar kekinian freepik.com

foto: freepik.com

Menghapus jejak pencarian kita secara langsung. Caranya mudah, kamu bisa buat Options, Account, kemudian Privacy and Security, dan pilih Clear Search History. Setelah itu nantinya akan muncul pop-up yang akan menanyakan apakah kamu benar-benar ingin menghapus riwayat pencarian di Instagram kamu.

9. Postingan di feed story.

 9 Trik rahasia Instagram yang wajib kamu tahu, biar kekinian freepik.com

foto: freepik.com

Nah yang satu ini sering dilakukan banyak selebgram. Biasanya mereka memberitahukan feed terbarunnya untuk para followernya. Infokan saja dengan melalui story. Caranya cukup menekan logo Direct pada post kamu. Lalu pilih Add This Post to Story. Setelah itu kamu bisa mengeditnya kembali agar lebih menarik.