Brilio.net - Instagram merupakan salah satu media sosial yang sangat banyak digunakan hingga saat ini. Platform media sosial yang berfokus untuk berbagi foto dan video ini memiliki banyak pengguna dari berbagai kalangan.

Tak hanya membagikan foto dan video, banyak orang juga menggunakannya untuk berinteraksi dengan pengikut dan teman, mencari informasi baru, sarana berjualan, berkirim pesan, bahkan hingga video call. Instagram juga menyuguhkan berbagai kenyamanan untuk para penggunanya, seperti pengaturan privasi.

Kamu dapat membuat profilmu dan merahasiakannya sehingga orang yang bukan pengikut tidak dapat melihat dan mengakses profilmu. Hal ini lah yang menjadi salah satu faktor orang menjadi penasaran saat melihat akun Instagram milikmu. Sehingga, sering terjadi pada sebagian orang mengeluhkan bahwa akun Instagram miliknya telah diretas atau dihack oleh orang tidak bertanggung jawab.

Biasanya, hacker melakukan peretasan Instagram guna untuk iseng atau bahkan malah dijadikan ajang kejahatan. Para hacker menjalankan aksinya ini dengan menggunakan software untuk mengambil akunmu. Lalu, apa ciri-ciri Instagram yang telah dihack dan bagaimana cara memulihkannya? Berikut 15 cara memulihkan Instagram yang telah diretas beserta ciri-cirinya, dilansir brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (1/7).

Ciri-ciri Instagram telah diretas.

Aplikasi pemulih Instagram © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

1. Muncul pemberitahuan.

Kalau akun Instagrammu kena hack, pasti temanmu akan memberitahu. Karena teman akan merasakan ada sesuatu yang berbeda dari akunmu secara tiba-tiba dan cukup signifikan.

Selain itu, pihak Instagram juga akan memberitahu jika ada terdeteksi upaya masuk paksa dari hacker. Pihak Instagram biasanya akan menghubungimu via email. Kalau sudah mendapatkan pemberitahuan tersebut, kamu perlu waspada untuk langsung mengamankan akun Instagram.

Pihak Instagram akan merekomendasikan kamu untuk mengganti password akun. Hal ini perlu kamu lakukan sesegera mungkin, untuk menghindari hal buruk yang lebih parah.

2. Ada Perubahan pada Akun Instagram

Hal pertama yang bisa dirasakan saat akun Instagram kena hack adalah dengan adanya perbedaan pada profil akunmu. Padahal kamu tidak merasa mengganti atau mengubah profil.

3. Memposting hal aneh.

Biasanya setiap orang yang bermain Instagram memiliki kontennya sendiri pada akunnya. Konten khusus ini biasanya dibuat supaya memiliki ciri khas antara dirimu dengan orang yang lainnya. Namun kalau tiba-tiba akun Instagrammu memposting konten yang berbeda jauh dari ciri khasmu, bisa jadi akunmu sudah dihack.

4. Tiba-tiba following bertambah.

Kebanyakan pengguna Instagram lebih memperhatikan jumlah pengikut atau follower dibandingkan jumlah yang kamu ikuti atau following. Saat kamu merasa tidak menambahkan atau memfollow orang lain, tetapi following malah bertambah, perlu diwaspadai.

Hal ini bisa menandakan hacker sedang beraksi melalui akun Instagrammu. Ada hacker yang memiliki kemampuan hack dengan memaksa akun lain untuk memfollow akun tertentu.

5. Tidak bisa login.

Ketika hacker berhasil meretas akun Instagrammu, mereka akan mengganti password atau kata sandi dari akunmu. Sehingga kamu tak bisa login atau masuk ke Instagrammu. Namun, jangan khawatir. Kamu bisa memulihkan Instagram sudah di retas oleh hacker dengan beberapa aplikasi untuk meretasnya kembali.

- Aplikasi penyadap akun Instagram.

Aplikasi pemulih Instagram © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Ada beberapa alat peretasan atau sadap Instagram yang dapat kamu gunakan untuk merebut kembali akun Instagrammu dari hacker. Berikut beberapa aplikasi yang dapat kamu gunakan sesuai kebutuhan.

1. FoneMonitor.

Aplikasi pemulih Instagram © 2021 brilio.net

foto: fonemonitor

FoneMonitor adalah aplikasi pemantauan dan peretasan kata sandi Instagram serbaguna yang dapat memberikanmu solusi handal. Aplikasi ini dapat meretas kata sandi Instagram dari jarak jauh dan juga melakukan berbagai fungsi mata-mata dan pemantauan bagi pengguna. Opsi pada Keylogger-nya memungkinkanmu untuk meretas perangkat Android dari jarak jauh dan juga menggunakan perangkat iOS.

2. Instaleak.

Aplikasi pemulih Instagram © 2021 brilio.net

foto: instaleak

Meretas kata sandi dengan bantuan aplikasi peretas kata sandi Instagram seperti Instaleak cukup mudah dan sederhana. Kamu dapat dengan mudah mengunduh dan menginstal alat ini dan akan membantumu untuk mengambil kata sandi akun orang yang ditargetkan.

Setelah instalasi, kamu perlu mengisi nama pengguna pemegang akun (target) dan mengetuk tombol "Verifikasi". Aplikasi ini akan bekerja dengan cepat untuk mengungkapkan kata sandi dalam beberapa menit.

3. Instahack.

Aplikasi pemulih Instagram © 2021 brilio.net

foto: getjar

Bagi kamu yang membutuhkan aplikasi sadap HP handal dan cukup ringan, Instahack adalah salah satunya. Aplikasi ini dapat melakukan sadap Instagram dengan mudah. Kelebihan lainnya adalah aplikasi ini bersifat gratis.

Setelah proses pengunduhan, kamu bisa mulai meretas akun target. Hanya dengan klik tanda "Mulai Peretasan" kemudian tambahkan informasi detail mengenai akun yang kamu targetkan.

4. Get Your Instagram Hack.

Aplikasi pemulih Instagram © 2021 brilio.net

foto: fonemonitor

Aplikasi unik ini dapat membantumu mengambil kata sandi kunci dari setiap akun Instagram yang ditargetkan. Aplikasi ini memiliki algoritma peretasan khusus yang mana mudah untuk menyadap bahkan kata sandi yang paling sulit. Keunggulan lainnya, Get Your Instagram Hack ini hadir sebagai aplikasi gratis dan prosesnya yang cukup mudah.

5. ArroApp.

Aplikasi pemulih Instagram © 2021 brilio.net

foto: arroapp

Arroapp adalah aplikasi sederhana dan merupakan salah satu aplikasi peretas kata sandi Instagram terbaik. Ini memungkinkanmu untuk meretas akun Instagram dan mengambil kata sandi dalam hitungan menit. Sebagian besar alat peretasan perlu membasmi atau men-jailbreak perangkat dan menghambat proses. Tetapi dengan aplikasi ini kamu tidak perlu rooting atau jailbreak.

Cukup ikuti prosedur pengunduhan dan pemasangan. Lalu buka aplikasi untuk mendapatkan kata sandi akun. Tidak masalah jika kamu memiliki ponsel Android atau iPhone, kompatibilitas dan penggunaannya mudah. Selain dapat meretas Instagram, aplikasi ini juga memunculkan fitur teknologi pintar lainnya seperti memeriksa profil, cerita, memonitor pesan atau kamu juga bahkan dapat membuka blokir dari akun Instagram target.

6. Account Hacker.

Aplikasi pemulih Instagram © 2021 brilio.net

foto: account-hacker

Aplikasi peretas kata sandi Instagram ini dapat kamu gunakan untuk memeriksa atau mengintip akun teman yang paling kamu curigai. Aplikasi Account Hacker dihadirkan secara gratis. Account Hack muncul dengan beberapa fitur tambahan yang pasti akan membuatmu terpesona saat mengunduh dan menginstalnya.

7. Instagram Password Finder.

Aplikasi pemulih Instagram © 2021 brilio.net

foto: fonemonitor

Aplikasi peretas kata sandi Instagram ini memungkinkanmu untuk mendapatkan kata sandi akun target hanya dalam hitungan menit. Setelah menginstal aplikasi ini, kamu harus mengisi nama pengguna (target) lalu ketuk tombol bertuliskan "Temukan Kata Sandi". Sistem peretasan aplikasi ini sangat cepat dan unik sehingga kamu akan mendapatkan hasil cepat dan 100 persen benar.

8. SpyZee.

Aplikasi pemulih Instagram © 2021 brilio.net

foto: spyzie

Aplikasi SpyZee ini dikenal sebagai aplikasi sadap Instagram yang paling kuat dan canggih. SpyZee digunakan untuk meretas berbagai aktivitas pengguna Instagram. Aplikasi peretasan ini memungkinkan pengguna untuk meretas dan mengakses gambar, foto, pesan, dan detail pribadi Instagram dari jarak jauh. Dari dasbor, kamu dapat menggunakan fitur keylogger untuk meretas kata sandi dan akun target.

9. Truth Spy.

Aplikasi pemulih Instagram © 2021 brilio.net

foto: my.thetruthspy.com

Aplikasi Truth Spy merupakan sebuah platform untuk menyadap Instagram yang didesain dengan fitur beraneka ragam. Dalam hal ini, smartphone yang harus dipasangkan aplikasi ini adalah memiliki seseorang yang ditargetkan. Hal ini memang terdengar susah, namun kamu bisa menginstal aplikasi ini lalu menyembunyikannya.

Daftarkan aplikasi ini terlebih dahulu dengan menggunakan email dan password. Setelah itu tekan tombol yang bertuliskan hide app and start monitor. Kemudian kamu bisa melihat aktivitasnya melalui website http://my.thetruthspy.com

10. Flexispy.

Aplikasi pemulih Instagram © 2021 brilio.net

foto: flexispy.com

Flexispy adalah aplikasi hack Instagram. Untuk menggunakannya, kamu diharuskan membayar terlebih dahulu. Sistem pembayaran dan banyaknya uang yang harus dikeluarkan, akan disesuaikan dengan paket yang kamu pilih.

Setelah kamu memilih paket dan membayarnya, maka ikuti instruksi yang sudah dibuat. Kamu akan diberikan waktu untuk login dan mengakses fitur-fitur yang ada disana.

11. Nexspy.

Aplikasi pemulih Instagram © 2021 brilio.net

foto: nexspy.com

Untuk menggunakan Nexspy, kamu bisa membukanya di situs nexspy.com. Sayangnya, kamu harus membayar layanan yang disediakan Nexspy terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya. Setelah membayarnya, kamu bisa memilih beberapa fasilitas menu seperti keylogger, remotrespycam dan lain sebagainya.

12. Web phising.

Aplikasi pemulih Instagram © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Web phising adalah sebuah halaman web palsu dengan alamat situs palsu guna mengelabui pengguna Instagram sehingga dapat memasukkan username dan password mereka ke sistem database.

Namun, ada tantangan yang sulit untuk menggunakan web phising yakni memikirkan bagaimana caranya agar hacker yang meretas Instagrammu dapat mengklik tautan atau URL pancingan tersebut.

13. Termux.

Aplikasi pemulih Instagram © 2021 brilio.net

-foto: termux.com

Termux adalah aplikasi terkenal yang bisa meretas semua akun sosial media, khususnya Instagram. Selain akun Instagram, kamu juga bisa hack follower Instagram dengan termux. Nggak hanya itu dengan termux ini apa saja bisa kamu retas, seperti hack wifi, deface website, sadap android, dan masih banyak lagi. Hal ini dikarenakan termux mirip dengan terminal emulator seperti CMD dan terminal Linux.

14. Instapass.zone.

Aplikasi pemulih Instagram © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Dengan aplikasi web Instapass.zone ini kamu bisa hack IG secara online lho! Di aplikasi ini kamu hanya tinggal mengisi form username target lalu klik “Search” maka kamu bisa dengan mudah menghack password Instagram target yang tak lain adalah Instagrammu sendiri yang sebelumnya diretas oleh hacker.

15. Instahax0r.

Aplikasi pemulih Instagram © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Instahax0r merupakan situs web yang dibuat oleh hacker untuk melakukan peretasan akun instagram online. Pada halaman awal aplikasi web ini kamu bisa mengklik tombol “Start Hack” maka akan muncul halaman dimana kamu harus memasukan username target kamu.

- Cara mengamankan Instagram

Aplikasi pemulih Instagram © 2021 brilio.net

foto: freepik.com

Ketika akunmu sudah kembali, kamu harus mengamankan akun Instagram supaya tidak diretas untuk kedua kali. Atau, jangan biarkan hacker meretas akun Instagrammu dengan cara berikut ini:

1. Gunakan password yang rumit.

Password digunakan agar hacker tidak bisa membuka akun Instagram-mu. Oleh karena itu, pentingnya untuk membuat atau menggunakan password yang rumit untuk menghindari hacker bisa meretas akunmu.

Pada pembuatan password untuk akun Instagram, sebaiknya kamu menggunakan beberapa kombinasi di dalamnya. Seperti kombinasi antara huruf kecil, huruf besar, angka, atau dengan menambahkan simbol-simbol. Dengan kombinasi tersebut password kamu akan lebih aman karena para peretas akan jauh lebih sulit untuk melacak atau menemukan password akun Instagram-mu.

2. Ganti password secara rutin.

Selain menggunakan password yang rumit untuk mengamankan akun Instagram dari hacker, kamu juga perlu mengganti password akun secara rutin. Terutama jika pihak Instagram mengirimkan pesan untuk mengingatkan untuk melakukannya.

3. Hapus cookies secara rutin.

Cookies adalah sistem yang akan menyimpan riwayat informasi yang kamu masukkan ke dalam gadget. Termasuk pada username dan juga password akun Instagrammu. Umumnya, cookies ini menyimpan suatu informasi yang dikemas dalam suatu text box. Sehingga dengan adanya cookies ini kamu tidak perlu mengetik ulang pencarian, username, password, alamat website, dan lain sebagainya karena telah tersimpan di dalam cookies. Oleh karena itu, sebisa mungkin untuk menghapus cookies.

4. Autentikasi dua faktor.

Autentikasi dua faktor ini memungkinkan kamu dapat mengamankan akun Instagram melalui pesan singkat seperti SMS.

Fitur yang tersedia di Instagram ini akan sangat berguna untuk meningkatkan keamanan akun Instagram. Ya, dimana setiap kamu sedang login ke akun melalui perangkat yang berbeda, maka kamu akan diminta untuk memasukkan kode unik yang dikirimkan ke nomor yang terdapat di akun tersebut.

(brl/lea)

(brl/lea)