Brilio.net - Selama satu tahun penuh tentunya kamu sudah melewati banyak momen. Akan sia-sia jika momen tersebut hanya disimpan saja. Kamu bisa menyimpan sekaligus membagikan beragam momen di Instagram. Entah saat makan malam romantis, lamaran, pernikahan, berlibur, nonton konser, jalan-jalan bersama teman, OOTD, dan lain sebagainya. Tak ayal banyak kaum milenial sengaja menyempatkan waktu untuk bisa memposting momen tersebut.

Nah, nggak terasa nih 2019 sudah hampir selesai. Pengguna Instagram bisa kembali merangkum momen-momen yang paling berkesan selama satu tahun belakangan. Momen yang sudah ada di setiap akun masing-masing. Unggahan banyak disukai atau dikomentari sepanjang tahun Bisa juga disebut kolase atau rangkuman tahunan yang paling populer. Di era globalisasi saat ini kolase tahunan seakan telah menjadi semacam tradisi.

Sayangnya aplikasi Instagram sendiri belum menyediakan fitur ini. Kendati demikian, kamu tidak perlu susah payah memilih sendiri. Karena setiap tahunnya ada banyak situs yang bisa membantumu menyortir dari sekian banyak foto yang sudah diunggah. Salah satu layanan yang menawarkan kemudahan itu ialah Best Nine. Nantinya layanan pihak ketiga ini akan mengumpulkan sembilan dari seluruh unggahan Instagram.

Foto-foto yang sudah dikumpulkan akan ditampilkan kembali dalam bentuk kolase yang tersusun berdasarkan popularitas. Setelah tayang, kamu bisa simpan atau bisa juga kamu bagikan ulang di Instagram. Tentunya bisa melalui Insta story atau feed Instagram langsung. Buat kamu yang tertarik, yuk simak cara mudah bikin Best Nine seperti rangkuman brilio.net dari berbagai sumber pada Kamis (12/12).

Cara membuat kolase foto tahunan dengan situs Best Nine.

Loading...

Situs ini memberikan kemudahan untuk setiap pengguna Instagram. Kamu nggak hanya bisa membuat foto kolase untuk diri sendiri, tapi juga milik akun lain. Nggak perlu cemas akan watermark, karena situs Best Nine ini tak memungut biaya alias gratis. Menariknya lagi kamu bisa mengatur mulai tanggal hingga bulan apa sortiran fotomu dimulai.

1. Pastikan dulu akun-mu atau akun milik orang lain tidak diprivat.

2. Buka situs 2019 bestnine.com melalui komputer atau laptop.

3. Masukkan nama akun Instagram-mu pada kolom yang sudah tertera.

Instagram Best Nine 2019 pixabay

foto: Brilio.net

4. Lalu klik atau pilih menu 'get'.

5. Kemudian tunggu beberapa menit hingga proses selesai.

6. Setelah proses pencarian selesai, maka kolase foto terbaikmu akan muncul.

Instagram Best Nine 2019 pixabay

foto: 2019bestnine.net

7. Situs sini tidak hanya akan menampilkan sembilan foto paling populer, tapi juga informasi likes dan jumlah unggahan yang ada selama satu tahun.

8. Kamu tinggal memlih untuk membaginya di Instagram, Facebook, Twitter, atau media sosial lainnya.

Cara mudah membuat kolase foto tahunan Instagram pakai situs TopNine.

Fitur yang diberikan situs ini tidak jauh berbeda dengan situs Best Nine. Kamu tidak hanya bisa membuat kolase tahunan pribadi, tapi juga bisa mencoba milik akun orang lain. Namun hasil foto kolase di situs ini nggak gratis alias bayar. Tapi nggak perlu cemas, kamu hanya perlu mengeluarkan uang Rp 29 ribu saja untuk menghilangkan watermarknya. Berikut cara mudah menggunakan situs TopNine ini.

Situs ini nantinya akan memintamu untuk memasukkan alamat emailmu. Sebagai catatan, alamat email yang kamu masukkan akan digunakan pihak TopNine untuk promosi layanan mereka. Sebagai gantinya, kamu bisa menghapus email yang sudah kamu masukkan sebelumnya, melalui situs topnine.co/forget-me. Dan kamu harus menunggu setidaknya selama 30 hari untuk penghapusan data.

1. Buka situs TopNine di browser pencarian. Bisa juga kamu download melalui Google Play Store dan Apple Store.

2. Sebelumnya perlu kamu pastikan akun Instagram tidak diprivat.

3. Setelah situs terbuka, masukkan nama akun Instagram-mu pada kolom yang tersedia. Lalu klik tanda 'continue'.

Instagram Best Nine 2019 pixabay

foto: Brilio.net

4. Kemudian masukkan juga alamat email, lalu klik atau pilih menu 'find my top nine'.

Instagram Best Nine 2019 pixabay

foto: Brilio.net

5. Tunggu prosesnya beberapa saat.

6. Kamu akan mendapatkan hasil kolase dari 9 foto terbaik. Kamu juga bisa melihat rata-rata like per posting, jumlah total like yang didapat, dan jumlah posting-an keseluruhan selama 2019.

7. Kamu bisa menyimpan hasil foto terbaikmu. Caranya klik menu 'download now'.

8. Kamu juga bisa membagikan langsung ke Instagram melalui fitur share ke Instagram.

Instagram Best Nine 2019 pixabay

foto: topnine.co

Hasil kolase foto akan tersusun dengan urutan like terbanyak mulai dari pojok kiri atas. Itu berarti foto pojok kanan bawah merupakan foto yang punya like paling sedikit di antara kesembilan foto yang ada.

Aplikasi edit foto Instagram.

Buat kamu yang ingin membagikan hasil kolase 2019, namun dirasa efek yang foto masih kurang bagus, kamu bisa mengeditnya terlebih dulu. Caranya ialah menggunakan aplikasi pihak ketiga lagi. Kamu nggak perlu cemas, karena ada banyak aplikasi gratis yang bisa kamu gunakan Adapun di antaranya ialah Snapseed, VSCO, Adobe Lightroom CC, Afterlight, Perfect365, Font Candy, PicStich, Gyphy Cam, Photo Lab, Pixlr, dan masih banyak lagi lainnya.

Deretan aplikasi gratis tersebut punya beragam fitur menarik. Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan. Beragam fitur yang tersedia pastinya nggak kalah keren dibandingkan dengan aplikasi berbayar profesional lainnya.